Tiba di Jeddah, 489 Petugas Siap Sambut Jemaah Haji Indonesia

MUS • Sunday, 21 May 2023 - 01:22 WIB

Jakarta - Pelaksanaan ibadah haji tahun 1444 hijriyah/ 2023 masehi tinggal menghitung hari. Untuk memastikan semua keperluan jemaah di tanah suci telah dipersiapkan sebaik mungkin, sebanyak 489 Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi diberangkatkan pada Sabtu (20/5/2023)

Mereka terdiri dari 100 petugas haji Daerah Kerja (Daker) Bandara, 248 petugas haji Daker Madinah, 12 petugas di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, serta 129 tenaga kesehatan. 

Pelepasan petugas berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Hadir dalam acara pelepasan antara lain, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Sadzily, Irjen Kemenag Faisal Ali Hasyim, Staf Khusus Menteri Agama Ishfah Abidal Aziz dan Wibowo Prasetyo. 

BACA JUGA: Jelang Kedatangan Jemaah PPIH Cek Persiapan Maktab di Makkah

Dirjen PHU Hilman Latief berharap kehadiran PPIH Arab Saudi dapat menjadi penopang layanan haji Indonesia. "Ibu dan bapak sekalian adalah wakil bangsa Indonesia, yang berasal dari berbagai unsur. Oleh karena itu kami berpesan, mohon dijaga martabat dan nama baik Indonesia," kata Hilman. 

"Laksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, ikuti SOP, patuhi instruktur atau koordinator untuk seluruh tugas-tugas yang akan anda lakukan," imbuhnya. 

Pada musim haji 1444H/2023M, tidak kurang dari empat ribu petugas akan diturunkan untuk memberikan pelayanan selama di Tanah Suci. Hilman menjelaskan, para petugas berasal dari berbagai sektor. 

"Selamat melaksanakan tugas. Ingat juga, bahwa tahun ini kita memiliki tagline Haji Ramah Lansia. Maka, berikan pelayanan terbaik kepada jemaah haji Indonesia," tukas Hilman. 

Tiba di Jeddah

Setelah menempuh perjalanan lebih dari 9 jam, rombongan petugas PPIH Daker Madinah dan Bandara, tiba melalui Bandara Internasional King Abdulaziz Jeddah, Sabtu (20/5/2023) pukul 17.30 waktu setempat. Mereka siap melayani jemaah yang akan segera berdatangan ke tanah suci. 

Menurut jadwal yang dirilis Kementerian Agama, operasional penyelenggaraan haji 1444 H/2023 M akan dimulai pada 24 Mei 2023, ditandai dengan pemberangkatan jemaah haji kloter 1 yang diterbangkan dari Indonesia menuju Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz Madinah.