NAUF, Musisi Asal Blitar yang Pernah Diproduseri DJ dari Amerika

ANP • Thursday, 18 May 2023 - 20:04 WIB

JAKARTA - Mencari gelar sarjana lalu berkarir di dunia profesional sepertinya bukan menjadi rencana hidup dari Nauf. Nauf diketahui merupakan lulusan jurusan hukum dan psikologi dari Universitas Brawijaya. Namun ia kini menggeluti skena musik hip-hop.

Pilihannya sebagai rapper mungkin cukup jauh dari pendidikannya dan selera pasar di Indonesia. Namun baginya, musik merupakan tempat pelariannya berekspresi.

Aktif bermusik semenjak di sekolah,  Nauf sudah ingin membuat lagu dari dulu, "Tapi karena saya berada di daerah, jadi agak sulit menemukan orang yang tepat," kata dia.

Sampai akhir tahun 2017-an barulah dirinya bertemu dengan orang yang tepat, namanya Kaka. Dari sanalah Nauf belajar dasar-dasar  musik dan dasar penggunaan software DAW.

"Buat saya bermusik itu mengekspresikan diri, jadi saya buat musik sesuai emosi saya saat itu yang memang saya juga suka," ujar Nauf dalam keterangan persnya. 

"Jadi jika saya harus bermusik hanya untuk mengikuti pasar, saya pribadi merasa kurang pas. Karena musik itu wadah untuk menyalurkan emosi pribadi," lanjutnya.

"Dari sejak dulu di sekolah sudah ngeband, aktif bermusik, dan sudah ingin buat lagu, tapi  karena di daerah jadi agak sulit," kata Nauf.

Kini pria kelahiran Malang, 26 Juni 1996 itu sudah mulai dikenal sebagai rapper dengan kembali merilis single bertajuk Best I Ever Had beberapa waktu lalu.

Pria Bernama asli Mohammad Naufal Aryanto ini mendapat perhatian para penikmat musik setelah merilis single "ANDALE" di tahun 2021 yang diproduseri oleh DJ PAIN 1, music producer asal Amerika yang pernah menggarap karya rapper korea Ted Park & Jaypark, Russ, Wiz Khalifa, Rae Sremmurd, dan banyak lagi. Komunikasi penggarapan musik yang dilakukan lewat email dengan sang produser. DJ PAIN 1 mengirimkan sample musik dan kemudian NAUF memasukan lirik yang ditulisnya, hingga terciptalah "ANDALE".

Nauf merasa bersyukur karena pada saat itu betul-betul banyak yang bantu seperti team di My Music Records. "Ada Pak Will, Mas Ade, Jeje Govinda, Cakra Khan dan lain-lain. Di balik karya-karya itu banyak nama besar juga seperti DJ PAIN1, dan lainnya."

"Di album yang saya siapkan untuk akhir tahun ini tidak seperti lagu yang saya rilis sebelumnya. Walaupun masih ada rap tapi akan bercampur dengan nyanyian juga. Nuansanya bakal lebih kental dengan pop rock," ungkapnya.

Harapan di album yang akan dirilis akhir tahun ini, semoga bisa banyak dinikmati masyarakat luas. Cita-cita dalam jangka panjang, semoga setidaknya bisa masuk ke billboard, bukan hal yang mudah, tapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. "Untuk update terbaru kapan akan rilisnya dapat mengikuti update di Instagram Nauf @nauf266_," tutupnya.