Ini Rahasia Erick Thohir Jaga Fokus Pemain Timnas U-22

MUS • Thursday, 18 May 2023 - 11:13 WIB

Medan - Ketua Umum PSSI Erick Thohir bercerita tentang bagaimana dirinya beserta tim ofisial Timnas U-22 menjaga fokus pemain sepakbola SEA Games 2023 agar dapat mempersembahkan hasil terbaik saat menghadapi Thailand. 

"Jadi kunci daripada kemenangan itu harus fokus. Apalagi di beberapa hari kemarin, kalau anak-anak kita tidak jaga, mereka akan pecah fokusnya," kata Erick Thohir seusai melantik Pengurus Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Sumatera Utara di Medan, Rabu malam (17/5/2023). 

Erick mengatakan, untuk menjaga fokus, pemain antara lain dibatasi mengakses sosial media, menerima wawancara media, dan hal lain yang dapat mengganggu fokus. 

"Ada sosial media, terus juga ada beberapa interview seperti ini yang bisa mengganggu fokus mereka. Jadi kita memang sangat batasi mereka," tambah Erick. 

Hal itu dilakukan bukan lantaran tidak memberi kepercayaan kepada pemain, namun, kata Erick, karena mereka manusia juga yang bisa melakukan kesalahan. 

"Jadi kita coba, dan alhamdulillah karena mereka fokus bisa berikan hasil maksimal," ujarnya. 

Seperti diketahui, Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas sepakbola SEA Games 2023 setelah membantai Thailand 5-2 dalam pertandingan 120 menit yang dramatis. 

Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah yang mendampingi Erick mengatakan seluruh masyarakat sangat mengapreasiasi atas capaian Timnas U-22 setelah 32 tahun tidak pernah meraih medali emas.

"Ini saya yakin semuanya dari Allah, tetapi juga berkat tangan dinginnya Pak Erick, dengan prestasi, dengan latihan, dan semangat yang juga diberikan oleh Pak Erick," kata Musa Rajekshah. 

Musa menambahkan, pihaknya di Sumatera Utara akan turut melakukan pembinaan sepakbola dengan memperkuat Sekolah Sepak Bola (SSB) di daerah sehingga nantinnya akan muncul bibit-bibit pemain unggulan dari daerah.