Atlet Peserta BMX Indonesia Cup 2023 Terlindungi BPJS Ketenagakerjaan

MUS • Wednesday, 17 May 2023 - 19:06 WIB

Jakarta - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kantor Cabang Jakarta Cilincing memberikan perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi para atlet yang berlaga dalam ajang BMX Indonesia Cup 2023 di Pulomas International BMX Center, Jakarta.

Sebagai bentuk komitmen atas perlindungan para atlet, BPJamsostek Jakarta Cilincing bersama Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) RS Columbia Asia sebagai mitra kerja turut hadir dalam setiap serie kejuaraan balap sepeda BMX tersebut.

BMX Indonesia Cup 2023 terbagi dalam 5 serie kejuaraan yang berlangsung sejak Maret 2023 hingga November 2023.

“Tenaga medis dari RS PLKK Columbia Asia kita siagakan di lokasi penyelenggaraan BMX Indonesia Cup 2023 guna memberikan pertolongan bagi para atlet apabila terjadi kecelakaan. Ini menjadi salah satu bentuk perlindungan dalam program BPJS Ketenagakerjaan,” kata Kepala Kantor Cabang BPJamsostek Jakarta Cilincing, Haryani Rotua Melasari, dalam pernyataannya, Selasa (16/5/2023).

Ani, panggilan Haryani Rotua Melasari, mengungkapkan, hingga saat ini tercatat 184 atlet yang berlaga dalam BMX Indonesia Cup 2023 terdaftar sebagai peserta dengan dua program perlindungan, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Setiap peserta sebelumnya telah mendapatkan edukasi tentang manfaat dan program perlindungan yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan selama event berlangsung.

“Dengan begitu, setiap atlet diharapkan dapat berlaga dengan rasa tenang dan nyaman lantaran telah terjamin dalam Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ucapnya.

Apalagi, menurut Ani, profesi atlet termasuk kategori berisiko tinggi mengalami kecelakaan kerja, baik yang terjadi saat berlatih maupun bertanding. Sehingga baik penyelenggara, asosiasi, dan pihak atlet sendiri harus memiliki kesadaran akan pentingnya Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

“Besar harapan untuk kegiatan selanjutnya dapat terus ditingkatkan kerjasamanya dan terus berkelanjutan, tidak hanya pada kejuaraan balap sepeda BMX, tetapi juga cabang-cabang olahraga lainnya,” pungkas Ani.

Sebagai informasi, kejuaraan yang diikuti ratusan pebalap sepeda BMX dari kategori junior hingga nomor elite tersebut bertujuan untuk mencari bibit atlet balap sepeda BMX yang potensial untuk dibina guna mengharumkan nama Indonesia dalam kejuaraan BMX internasional maupun ajang olahraga multievent internasional.