ARISE + Indonesia: Tingkatkan Daya Saing Perdagangan dan Investasi untuk Mencapai Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan

LAN • Wednesday, 17 May 2023 - 18:16 WIB

Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) telah hadir dalam acara ARISE+ Indonesia Results Dissemination bersama dengan Delegasi European Union (EU) untuk Indonesia dan Brunei Darussalam yang dilangsungkan di Jakarta, Rabu (17/05/23).

Acara ini merupakan hasil rancangan dari Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa, dan Duta Besar EU, Vincent Piket, dalam rangka merayakan pencapaian program ARISE+ Indonesia first Technical Assistance (TA 1).

Trade Support Facility atau fasilitas dukungan perdagangan merupakan salah satu program unggulan kolaborasi EU-Indonesia yang telah dijalankan semenjak Januari 2019 silam.

Program ini memiliki tujuan utama untuk memberi dukungan kepada pemerintahan Indonesia dalam meningkatkan performa serta daya saing dalam perdagangan demi terwujudnya pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

Selama 4 tahun semenjak peluncuran program, program ARISE+ Indonesia TA 1 sudah berhasil mendukung pemerintah dalam meningkatkan kemampuan analisis ekonomi makro, perdagangan, dan perencanaan investasi yang baik, mengasah kemampuan bernegosiasi dan implementasi Free Trade Agreements (FTA), khususnya negosiasi Comprehensive Economic Partnership (CEPA) dengan EU.

Program yang dipimpin oleh Bappenas juga menyuarakan gender mainstreaming, yaitu strategi internalisasi perspektif gender menjadi satu dimensi integral dalam siklus pembangunan.

“Dengan senang hati, kami nyatakan bahwa kerjasama ekonomi dengan EU melalui ARISE+ Indonesia sudah berhasil meningkatkan performa dan daya saing untuk perdagangan di Indonesia, yang mana sifatnya sangat krusial bagi pembangunan berkelanjutan seperti apa yang menjadi target Indonesia untuk tahun 2045,” kata Menteri Bappenas, Suharso Monoarfa.

Menanggapi hal tersebut, Duta Besar EU, Vincent Piket juga menyatakan bahwa kerjasama yang terjalin antara EU-Indonesia sudah terlaksana dengan sangat baik, sehingga dirinya berharap kedepannya EU-Indonesia bisa menjalin kolaborasi yang lebih dalam.

Acara ini telah membawa para pemangku kepentingan terkait, baik dari Indonesia maupun EU, untuk melakukan diskusi lebih lanjut terkait program pembangunan berkelanjutan melalui program ARISE+ Indonesia. (Iftikhor)