Timnas RI Berhasil Raih Emas di SEA Games 2023, Pengamat Sepakbola Maruf El Rumi: Jangan Star Syndrome!

LAN • Wednesday, 17 May 2023 - 16:43 WIB

Jakarta – Timnas Indonesia sukses meraih medali emas sepakbola SEA Games setelah mengalahkan Thailand di partai final dengan skor akhir 5 - 2 pada Selasa (16/5/2023). Gelar ini menjadi akhir penantian Indonesia selama 32 tahun sejak laga terakhir Indonesia merebut emas, yaitu tahun 1991.

Pengamat sepakbola sekaligus komentator pertandingan semalam, Maruf El Rumi, turut menyoroti kemenangan ini. Ia mengapresiasi seluruh stakeholder Timnas RI yang telah berjuang pada final kemarin. Menurutnya, motivasi semangat seluruh pemain menjadi modal utama dalam mengalahkan Thailand.

“Salah satu yang paling menonjol dari para pemain Indonesia adalah motivasi semangat, meskipun mereka sudah sangat lelah. Kuncinya itu,” ujar Maruf kepada Radio MNC Trijaya dalam program Hot Topik Pagi, Rabu (16/5/2023).

Maruf menyebut apapun strategi yang diberikan oleh coach Indra Sjafri dilaksanakan dengan sangat baik karena seluruh pemain memiliki pengalaman dan mentalitas yang kuat. Hal ini dibuktikan oleh performa mereka yang sangat stabil dan tingkat akurasi atau ketepatan para pemain sangatlah tinggi.

“Tim tadi malam merupakan tim yang sangat matang. Mereka sudah saling memahami karena masing-masing memiliki kemampuan yang tidak jauh berbeda, bahkan antara mereka yang kelompok umur dengan seniornya,” kata Maruf.

Meskipun begitu, Maruf berharap agar seluruh stakeholder dan para pemain Timnas RI tidak mengalami “star syndrome” dan merasa kemenangan semalam menjadi puncak kemenangan tertinggi. Menurutnya, momen ini bisa dijadikan bahan evaluasi untuk pertandingan-pertandingan selanjutnya agar prestasi yang diraih semakin bertambah.

“yang penting jangan star syndrom, masih ada event-event lainnya yang menunggu,” tukas Maruf. (Atha)