Kolaborasi dengan SMK BPI Bandung UPN Veteran Bikin Aplikasi Game

MUS • Tuesday, 16 May 2023 - 17:51 WIB

Bandung - Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Jakarta dan SMK BPI Bandung telah menjalin kolaborasi yang menarik pada pelatihan pembuatan game edukasi menggunakan Game Maker dalam acara Pengabdian Masyarakat Fakultas Ilmu Komputer UPN “Veteran” Jakarta. 

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran kreatif siswa jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), yang sekarang bernama Pengembangan Perangkat Lunak dan Game (PPLG), di SMK BPI Bandung dengan memperkenalkan mereka pada teknologi game development yang inovatif.

Program pelatihan ini berlangsung selama dua hari dan melibatkan 32 siswa kelas X RPL dari SMK BPI Bandung. Mereka diajarkan oleh Dosen Fakultas Ilmu Komputer dari UPN “Veteran” Jakarta, yang membantu siswa memahami konsep dasar pengembangan game, pemrograman, desain grafis, dan implementasi elemen edukatif ke dalam game.

Dalam kolaborasi ini, siswa mendapatkan kesempatan unik untuk berinteraksi langsung dengan mahasiswa dan dosen dari UPN “Veteran” Jakarta yang memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam pengembangan game. 

Mereka juga dapat menggunakan fasilitas dan perangkat lunak yang tersedia di SMK BPI bandung untuk mengembangkan dan memperkaya pengalaman mereka dalam pembuatan game edukasi. 

Novi Trisman Hadi, salah satu dosen pemateri menyampaikan, “Pelatihan game edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan potensi kreatifitas siswa dan kelak akan muncul devoloper-developer game dari Kota Bandung.”