Polda Jateng Siapkan 40 Personil Ikuti Pelatihan Pengamanan VIP Pemilu 2024

MUS • Monday, 15 May 2023 - 23:44 WIB

Semarang – Polda Jateng mempersiapkan 40 personil terbaiknya untuk mengikuti Pelatihan pengamanan VIP pemilu 2024. Hal ini sebagai bentuk komitmen Polda Jateng yang hadir untuk turut mengamankan dan mensukseskan setiap tahapan Pemilu 2024.

Hal itu disampaikan Waka Polda Jateng Brigjen Pol Abioso Seno Aji saat memimpin Upacara pembukaan pelatihan pengamanan VIP dalam rangka pemilu 2024 di mako Satbrimob Polda Jateng di Srondol, Banyumanik Kota Semarang, Senin (15/5).

Membacakan amanat Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi, Wakapolda mengungkapkan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menyamakan persepsi, cara bertindak dan prosedur secara teknik dan taktik dalam pelaksanaan pengamanan VIP.

“Kita sebagai anggota polri harus siap menghadapi tantangan untuk melakukan pengamanan peilu 2024. Salah satu upaya yang dilakukan Polda Jateng adalah mempersiapkan personil yang akan melakukan pengamanan VIP,” ujar Brigjen Abioso.

Dari 102 personel yang mendaftar, lanjutnya, dipilih 40 personel yang memenuhi syarat dan selanjutnya mengikuti pelatihan pengamanan VIP. Personel tersebut telah diseleksi melalui berbagai tahapan antara lain Psikologi, Tes Kesamaptaan Jasmani dan Kemampuan Menembak.

Adapun materi pelatihan akan diberikan oleh para instruktur dan pelatih dari Satbrimob Polda Jateng dengan waktu pelatihan selama 1 minggu. Wakapolda berpesan agar seluruh peserta memahami semua ilmu, informasi, petunjuk dan arahan yang diberikan sebagai bekal dalam pelaksanaan tugas pengamanan VIP.

“Saudara akan diberikan bekal pengetahuan dan keterampilan diantaranya teori, praktek dan aplikasi lapangan. Hal ini bertujuan agar setiap petugas polri mampu memahami tupoksi, peran dan cara bertindak di lapangan, sehingga pelaksanaan tugas dapat berjalan sesuai SOP,” tuturnya.

Wakapolda juga berpesan kepada seluruh instruktur, pelatih dan peserta pelatihan agar menanamkan kebanggaan dalam jiwa masing-masing atas terpilihnya mereka dalam kegiatan pelatihan pengamanan VIP Pemilu 2024.

“40 personil ini nanti akan mewakili polda jawa tengah untuk turut mensukseskan jalannya proses pemilu 2024. Tugas dan tanggung jawab yang diemban bukanlah hal yang ringan. Perintah ini adalah sebuah kehormatan yang apabila Anda laksanakan, ini akan menjadi sejarah yang berharga dalam perjalanan hidup Anda,” tandasnya.

Di akhir amanat, Wakapolda berharap melalui upaya cooling system yang dilakukan, dapat mengajak masyarakat turut berpartisipasi dan bekerjasama dalam pelihara kamtibmas, sehingga Pemilu 2024 dapat berlangsung dengan aman lancar dan demokratis. 

“Polda Jateng hadir dan siap untuk mendukung dan mengamankan setiap tahapan Pemilu 2024,” pungkasnya. (APb)