BERKAIN Jilid Dua Digelar di Kotatua Jakarta, Wisatawan Kenali Permainan Tradisional

FAZ • Monday, 15 May 2023 - 17:44 WIB

Jakarta - Jakarta merupakan pusat akulturasisi dimana berbagai budaya tumbuh dan berkembang, bahkan saat masih bernama BATAVIA kota ini telah menjadi tujuan banyak orang dari berbagai daerah, bangsa dan hingga kini jejaknya masih dapat dirasakan.

Atas hal itu, Indonesia Tourist Information Center (ITIC) dan Yayasan Kotatua  kembali menggelar kegiatan BERKAIN (BERKumpul dan bermAIN) ke-2 yang dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 14 Mei 2023.

"Ajang silaturahim masyarakat Jakarta dan sekitarnya serta turis yang datang ke Kotatua setelah hari Raya Idul Fitri  memakai Kain Nusantara, sebagai upaya pelestarian dan ingin menjadikan kain sebagai pakaian keseharian, peserta datang memanfaatkan transportasi umum yang tersedia menuju Kotatua Jakarta," ujar pelaksana kegiatan, Etty Tejalaksana di Jakarta, Senin (15/5/2023).

60 menit menyenangkan akan dirasakan peserta BERKAIN, lantaran peserta akan diajak BERKumpul untuk melakukan Langkah Bersama Berkain Nusantara (LBBN) yang akan dipimpin oleh Ikatan Langkah Dansa Indonesia (ILDI).

"Untuk selanjutnya bermAIN bersama, peserta dapat memilih permaianan tradisional seperti engrang, congklak, layang-layang dan lainnya yang disiapkan oleh teman teman Komite Permainan dan Olah Raga Tradisional Indonesia (KPOTI), atau peserta dapat mengikuti workshop- workshop yang telah disiapkan seperti workshop keramik, workshop Foto, belajar BERKAIN dan lain-lain," katanya.

Kemudian, lanjut Etty, peserta juga dapat berkunjung ke museum yang ada disekitar Taman Fatahillah, ikut tour di Kotatua Jakarta dengan memakai mobil listrik, sepeda ontel atau berjalan kaki.

Etty menjelaskan, pada kegiatan BERKAIN kali ini peserta juga dapat mengikuti Game Cat Race Kotatua yang bertujuan mengenalkan beberapa destinasi wisata yang ada di kawasan Kotatua.

"Pengunjung dapat membuat foto-foto kegiatan yang dapat di posting di Instragram masing- masing dengan membubuhkan ≠ ke IG IndonesiaTIC, IG MRT, IG Disparekraf, IG Dinas Budaya, foto yang keren akan mendapatkan hadiah," jelasnya.

"Dapat dipastikan BERKAIN menjadi satu hari yang sangat menyenangkan bagi warga Jakarta dan sekitarnya serta pengunjung dari luar kota dan luar negeri yang datang pada hari itu," sambungnya.

Sebagai informasi, kegiatan BERKAIN ini merupakan yang ke dua kali setelah pernah dilaksanakan pada tahun 2022. Kegiatan ini merupakan event tahunan di Kotatua Jakarta hasil kolaborasi dari banyak komunitas, swasta, masyarakat, akademisi dan lembaga pemerintahan.

Etty mengatakan, tujuan kegiatan ini dilaksanakan adalah selain untuk ajang silaturahmi masyarakat, juga wisatawan di Kotatua, dan juga untuk melestarikan dan memasyarakatkan Kain Nusantara dalam keseharian.

"Selain itu pun untuk mensosialisasikan Transportasi Umum, melestarikan dan memasyarakatkan permainan tradisional yang mulai dilupakan, untuk wadah kreatifitas serta dalam rangka menyajikan kegiatan berkualitas di Kotatua Jakarta," sebutnya.

Dalam kegiatan itu, kata Etty, pihaknya mengundang seluruh masyarakat di Jabodetabek, berbagai komunitas yang berkaitan dengan event serta wisatawan asing dan wisatawan nusantara. Kegiatan ini juga akan dipandu oleh figur inspiratif sekaligus aktivis brand lokal, Arto  Biantoro.

Etty juga menyampaikan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung dan mendorong kesuksesan acara tersebut diantaranya Kemenparekraf, Dinas Pariwisata Ekonomi Kreatif, Dinas Kebudayaan serta Sonora sebagai media partner.