Nosuku Gunakan Sereh hingga Tawas dalam Ritual Mandi Berkualitas ala Puteri Kerajaan

ANP • Monday, 15 May 2023 - 08:49 WIB

JAKARTA - Meski mandi menjadi bagian dalam rutinitas sehari-hari, tidak banyak orang memahami makna mendalam dari ritual mandi. Padahal sebenarnya ritual mandi yang tepat bisa menjaga kesehatan mental tetap baik.

Dalam sejarah Indonesia, mandi menjadi ritual yang hanya boleh dilakukan oleh para bangsawan, khususnya putri-putri kerajaan. Saat mandi, mereka menggunakan beberapa bahan alami, seperti sereh dan tawas untuk menjaga tubuh bersih dan wangi.

Ritual mandi ala puteri kerajaan ini mencoba dibawa kembali oleh Nosuku lewat produk body care. Resmi diluncurkan pada Agustus 2022, Nosuku hadir dengan konsep local pride yang kental. Terlihat dari pemilihan namanya yang terinspirasi dari Bhinneka Tunggal Ika.

"Nosuku ini kayaknya familiar, siapa sih yang gatau suku. Dikasih No aja udah jadi brand yang asosiasinya dari Jepang. Padahal sebenarnya dari ingredients dan identity benar-benar Indonesia. Kita memang membuat brand dari bahan dari indonesia sebagai yang utama," kata Abi Shihab selaku Marketing Director Nosuku.

Di momen debutnya, Nosuku mengangkat aroma lemongrass alias sereh yang diaplikasikan pada beberapa produk body care. Yakni Body Wash, Body lotion, deodorant spray, dan hair mist. Aroma serai dipilih karena memiliki efek menenangkan bisa bikin ritual mandi menjadi lebih berkualitas.

"Konsep kita adalah glowing healing. Healing berhubungan dengan dunia yang semakin cepat sekarang. Semakin cepet jadi jarang merawat diri. Mandi adalah moment bisa connect dengan diri sendiri setiap hari. Proses mandi dari kotor ke bersih jadi sebuah ritual yang dalam maknanya," sebut Abi.

Selain sereh, Nosuku juga menggunakan tawas untuk produk deodorant spray dengan konsep Ketiak Glowing. Batu tawas yang dulunya diaplikasikan dengan cara menggosoknya di ketiak, kini diekstrak dan dicampur dengan niacinamide 3%. Sehingga menghasilkan ketiak bebas bau sekaligus merawat kulit ketiak lebih sehat.

Nosuku sukses mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Respon positif dari penggunaan produk Nosuku memberikan kontribusi untuk self healing dalam ritual mandi.

"Produk yang kita harapkan membantu mereka lebih mindful itu tercapai. So far yang diminati deo dan hair mistnya," ucapnya.

Abi pun berharap dengan semangat kesehatan mental yang dibawa oleh Nosuku, bisa memberikan makna kecantikan luar dan dalam.