Banyak Kebutuhan Pendidikan Bisnis Digital, BINUS Buka Jurusan Digital Business

LAN • Sunday, 14 May 2023 - 11:32 WIB

Jakarta - Dalam rangka memenuhi tingginya kebutuhan masyarakat akan sumber daya manusia yang memahami dunia bisnis digital, BINUS International membuka sebuah program undergraduate kelas internasional yang bernama Digital Business.

Direktur Kampus BINUS Senayan, Andreas Chang menjelaskan, di era modern banyak perusahaan yang mulai mengembangkan bisnisnya agar bisa beradaptasi dengan ekosistem digital. Sayangnya, menurut laporan dari Dell, 93 persen dari perusahaan kesulitan untuk mencapai hal tersebut pada tahun 2030 nanti karena berbagai macam faktor. Dua faktor utama kegagalan tersebut adalah kurangnya strategi dan visi digital, serta kurangnya kemampuan sumber daya manusia.

“Karena munculnya kedua masalah tersebut, kebutuhan terhadap sumber daya manusia yang mampu memahami dunia bisnis digital pun semakin tinggi”, ujar Andreas, Sabtu (13/05/2023)

BINUS International Undergraduate Program, jurusan Digital Business sendiri hadir guna membantu mahasiswa memahami dunia digital business, dimana studi ini akan fokus pada beberapa hal seperti modelling bisnis digital yang berkelanjutan, mengubah model bisnis ke ekosistem digital, analisis data, hingga strategi entrepreneur. Selain itu, program satu ini juga akan fokus pada perkembangan dunia finansial modern seperti digital banking dan finance technology.

Sementara itu, Dekan BINUS Business School International Undergraduate Program, Asnan Furinto mengatakan bahwa program jurusan Digital Business ini juga membantu mahasiswa untuk beradaptasi agar siap menghadapi dunia global. Melalui penerapan global experience, BINUS akan menyediakan lingkungan belajar dengan standar internasional yang tidak terbatas pada kurikulum, tapi juga fasilitas belajar dan tenaga pengajar yang tersedia.

“Dengan dibukanya jurusan Digital Business diharapkan agar mahasiswa tidak hanya siap menghadapi dunia bisnis yang beralih ke ekosistem digital, namun mahasiswa juga mampu untuk bersaing secara global dalam membangun atau melakukan transformasi bisnis tersebut,” tutup Asnan.