Heboh Layanan Error Berhari-hari, Begini Klarifikasi Komisaris Utama BSI

LAN • Friday, 12 May 2023 - 14:37 WIB

Jakarta – Layanan perbankan milik Bank Syariah Indonesia (BSI) yang mengalami gangguan sejak Senin (8/5/23) pukul 02.00 WIB telah kembali pulih per Kamis (11/5/23). Komisaris Utama BSI, Adiwarman Karim, memohon maaf sebesar-besarnya kepada seluruh nasabah maupun non-nasabah.

“Saya mewakili BSI memohon sebesar-besarnya kepada seluruh nasabah maupun non-nasabah yang terkena dampak dari gangguan layanan kami,” ujar Adiwarman kepada Radio MNC Trijaya dalam program Hot Topik Pagi, Jumat (12/5/23).

Adiwarman menjelaskan gangguan layanan diduga akibat serangan siber sehingga perlu dilakukan evaluasi dan temporary switch off seluruh layanan demi memastikan sistem keamanan dan data nasabah aman.

“Dugaan kami diakibatkan adanya serangan siber. Kalau di bank kan ada beberapa lapisan pengamanan, misal ada terserang satu, maka istilahnya seperti di rumah kalau ada yg konslet satu, maka sikringnya putus semua,” jelas Adiwarman

Ia menyebut apa yang terjadi sejak senin merupakan sebuah langkah mekanisme yang baik dan harus dilakukan demi mengamankan data dan dana nasabah. Meskipun memakan waktu yang cukup lama, BSI berhasil memulihkan dan meningkatkan sistem pengamanan dengan baik.

“Ini semua berkat doa dari seluruh nasabah, jamaah haji yang juga lagi melakukan pelunasan biaya haji, dan seluruh masyarakat, makanya bisa teratasi dengan baik,” tukas Adiwarman. (Atha)