Universitas Esa Unggul Kolaborasi Dengan Junior Chamber International Indonesia

ANP • Friday, 12 May 2023 - 07:52 WIB

Jakarta - Spesial pada tahun ini, Universitas Esa Unggul yang memang telah memiliki jaringan internasional yang luas  berkolaborasi dengan JCI Indonesia dalam perhelatan Asia-Pacific Conference (ASPAC) 2023. Universitas Esa Unggul powered by Arizona State University merupakan salah satu Universitas Swasta dengan tagline: Smart, Creative and Entrepreneurial selalu berupaya untuk menciptakan kualitas Sumber Daya Manusia yang unggul baik dalam bidang akademik maupun kewirausahaan guna mendukung sinergi Institusi Pendidikan terhadap dunia industri. 

Junior Chamber International (JCI) adalah organisasi kepemudaan Internasional terbesar di dunia yang didirikan di St. Louis, Missouri memiliki alumni lebih dari 2 juta orang dan tersebar lebih dari 115 negara di seluruh dunia. JCI saat ini sudah berusia 108 tahun di dunia dan 52 tahun di Indonesia sejak 1971. Pada tahun ini JCI menggelar sebuah event yaitu JCI Asia-Pacific Conference (ASPAC) 2023 yang merupakan acara Internasional yang diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 10-13 Mei 2023 yang berlokasi di The Sultan Hotel Jakarta dan dihadiri sekitar 5.000 delegasi anggota JCI dari sekitar 35 negara-negara  di Asia Pasifik dan namun ada juga negara-negara lainnya dari luar Asia Pacific seperti Rusia, Norway,Iceleand, Caribbean, dan lain-lain.

Acara kolaborasi antara Universitas Esa Unggul dengan Junior Chamber International Indonesia dalam perhelatan Asia-Pacific Conference (JCI ASPAC) 2023 ini bertajuk Indonesia Global Summit terselenggara pada hari Kamis, 11 Mei 2023. Kolaborasi acara ini rencananya akan dibuka oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia, Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. 

Pada saat bersamaan Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja., ST., MBA., IPU ASEAN.Eng menuturkan “Saya bangga dan antusias untuk menyelenggarakan acara kolaborasi bersama JCI Indonesia ini, banyak mahasiswa yang turut andil menjadi volunteer, dan banyak juga yang akhirnya saling terkoneksi satu sama lain”.

Adapun tamu kehormatan yang hadir dalam acara ini dan turut menyampaikan sambutan sekaligu sebagai narasumber diantaranya adalah, Kepala LLDikti Wilayah III Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, MP., Koordinator Substansi Umum, Humas, dan Kerja Sama Ditjen Diktiristek Yayat Hendayana, S.S., M.Si., Profesor dan Wakil Rektor Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) – Palembang, Professor Erry Yulian T. Adesta, PhD, CEng (UK), MIMechE, IPM (PII), Vice Chairman International Affairs APTISI / Past National President JCI Indonesia 2008 George Iwan Marantika, MBA.

Acara ini akan dihadiri oleh ratusan orang dan tamu Internasional perwakilan dari masing-masing negara dan juga  2023 JCI World President, Viktor Omarsson. Universitas Esa Unggul memimpin penandatanganan MoU Ceremonial, yang akan dilakukan oleh 2023 JCI Indonesia National President, Felix Soesanto, bersama puluhan Universitas di Indonesia dan juga Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Seluruh Indonesia (APTISI). Penandatanganan kerjasama ini menjadi langkah awal untuk saling bersinergi dalam menciptakan hal–hal baru yang lebih inovatif secara global.

Acara ini rencananya ditutup oleh orasi ilmiah Menteri Pertahanan RI Letnan Jenderal TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo tentang “Kualitas Ilmu Pengetahuan yang Dibutuhkan Untuk Membangun Sistem Pertahanan yang Dibutuhkan oleh Negara - Negara ASEAN”

Dengan demikian, kolaborasi Universitas Esa Unggul dengan JCI Indonesia dalam perhelatan Asia-Pacific Conference (ASPAC) 2023 menjadi ajang kolaborasi dan networking yang baik secara Internasional