Dubes Heri Pimpin Promosi Indonesia Fair 2023 di Saitama Jepang

MUS • Tuesday, 9 May 2023 - 17:40 WIB

Saitama - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menyelenggarakan Indonesia Fair 2023 di AEON Mall Saitama, Jepang pada 29 April hingga 7 Mei 2023. 

Kegiatan promosi perdagangan, pariwisata, dan seni budaya ini merupakan kolaborasi KBRI Tokyo dengan Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Perindustrian RI, dan Bank Indonesia Tokyo.

Menutup rangkaian promosi ini, Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi memastikan promosi terpadu ini efektif untuk mempromosikan Indonesia sekaligus memperluas pasar produk Indonesia di Jepang.

“Musim liburan di Jepang, yang dikenal dengan Golden Week kita manfaatkan untuk melakukan promosi yang terintegrasi dari perdagangan, pariwisata, seni budaya hingga investasi. Melalui kegiatan Indonesia Fair 2023 di salah satu pusat perbelanjaan dan hiburan terbesar di Jepang, AEON Mall Saitama ini efektif dalam promosi dan pengenalan produk Indonesia,” ujar Dubes Heri yang didampingi oleh Atase Perdagangan Arief Wibisono dan Atase Perindustrian Ronggolawe Sahuri. 

“Produk fesyen dan alas kaki dari Bandung, aksesoris dan kerajinan tangan dari Bali serta produk makanan-minuman halal digemari di Jepang, bahkan pisang dari Lampung pun terjual habis,” tambahnya.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI Didi Sumedi menerangkan bahwa Acara Indonesia Fair ini merupakan kegiatan promosi perdagangan dalam bentuk in-store promotion yang dimaksudkan untuk mengetahui respon dari konsumen akhir di Jepang atas produk Indonesia.

Sementara itu, Senior Managing Director of AEON Mall Co. Ltd Mitsuhiro Fujiki, menyambut gembira pelaksanaan acara in-store promotion dengan tajuk Indonesia Fair 2023 ini. Promosi Indonesia ini menurutnya sangat menghibur pengunjung. Lebih lanjut Mitsuhiro Fujiki berharap untuk ke depannya ada lebih banyak kegiatan serupa di berbagai daerah lainnya di Jepang.

Indonesia Fair 2023 merupakan bagian dari rangkaian Indonesia-Japan Friendship Day (IJFD) di Saitama dalam memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Jepang. KBRI Tokyo secara aktif menyelenggarakan IJFD, yang merupakan kegiatan promosi dan pelayanan terpadu di lebih dari 14 kota di Jepang sepanjang tahun 2023 dari Hokkaido hingga Okinawa.

Pada IJFD Saitama, selain Indonesia Fair, dilaksanakan pula promosi pariwisata melalui kehadiran stan Garuda Indonesia dan pertunjukan seni budaya berupa penampilan Angklung Sekolah Republik Indonesia Tokyo, Seni Hadrah Komunitas NU Ibaraki, hingga gamelan. 

Pada kesempatan ini diluncurkan dua produk ramah lingkungan Indonesia, yaitu produk plastik ramah lingkungan yang berasal dari singkong (biodegradable plastic bag) dan juga produk fesyen dengan desain menyesuaikan karakteristik Jepang yang menggunakan material ramah lingkungan.

Kegiatan Indonesia Fair pada IJFD Saitama ini merupakan langkah kolaboratif yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam menjaga momentum hubungan baik Indonesia-Jepang di berbagai sektor. Ekspor Indonesia ke Jepang pada tahun 2022 lalu merupakan tertinggi sepanjang sejarah dengan mencapai lebih dari USD 24 miliar.