RUU Kesehatan Omnibus Law Ditolak 5 Organisasi Profesi Kesehatan, Kenapa?

LAN • Tuesday, 9 May 2023 - 14:51 WIB

Jakarta - Belakangan ini, RUU Kesehatan Omnibus Law sedang ramai diperbincangkan publik. Beberapa organisasi profesi kesehatan tengah menolak hingga menuntut pemerintah untuk mengentikan RUU ini. Dari tindakan itu, munculah sebuah kontroversi di muka publik akan RUU Kesehatan Omnibus Law.

“RUU Kesehatan Omnibus Law ini sebetulnya terkesan seperti tidak transparan. Hal itu karena UU ini tidak melewati sebuah proses diskusi di awal dan kita tidak tahu munculnya darimana,” ujar dr Abid Khumaidi, Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dalam wawancara Trijaya FM, Selasa, (09/05/2023).

Abid mengatakan, para kelompok profesi kegiatan kesehatan ini tentu memiliki kepentingan dan mengerti problematika-problematika kesehatan dengan terus memberikan advokasi maupun masukan pada RUU Kesehatan Omnibus Law.

“Namun, dalam proses advokasi dan pemberian masukan yang sudah kita lakukan, justru menghasilkan UU yang tidak sesuai dengan apa yang sudah diupayakan. UU itu tidak berpihak pada kepentingan profesi yang tidak akan berindikasi kepada kepentingan masyarakat,” tambah dr Abid Khumaidi.

Dari kontroversi ini, beberapa dokter maupun organisasi telah melakukan kegiatan demo terkait RUU Kesehatan Omnibus Law.(Savira)