Indonesia Jadi Tuan Rumah KTT ASEAN, Apa saja Dampaknya?

LAN • Tuesday, 9 May 2023 - 14:46 WIB

Jakarta – Pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang digelar di Labuan Bajo mendapat respon positif dari berbagai kalangan. Hal ini diungkapkan oleh pengamat hubungan internasional, Dr. Tirta Nugraha Mursitama, Ph.D yang menyoroti keuntungan yang akan didapat Indonesia sebagai tuan rumah.

“Posisi Indonesia sebagai keketuaan sekaligus tuan rumah, tentu akan mendapatkan keuntungan seperti surplus diplomasi dan kita juga bisa menunjukkan kepemimpinan di ASEAN,” ujar Tirta kepada Radio MNC Trijaya dalam program Hot Topik Pagi, Selasa (9/5/2023).

Menurutnya, surplus diplomasi ini akan menguntungkan kepentingan nasional, seperti kesejahteraan, adanya investasi inklusif yang akan meningkatkan daya saing dan transformasi ekonomi, upgrading teknologi, peningkatan kualitas produksi yang pada akhirnya dapat mendorong ekspor, dan masih banyak lagi. 

Selain itu, momen ini juga menjadi kesempatan Indonesia untuk menunjukkan kepemimpinannya yang lebih asertif serta mengayomi 10 anggota ASEAN ditambah Timor Leste sebagai observer. Kepemimpinan ini juga diharapkan agar Indonesia dapat ikut membantu menemukan titik terang dari konflik di Myanmar.

“Sebagai keketuaan, tentunya ASEAN berharap Indonesia ikut membantu menyelesaikan konflik di Myanmar dengan tetap berpegang prinsip ASEAN Way,” Tukas Tirta. (Atha)