JK Ajak Relawan PMI Terus Menolong Sepenuh Hati

MUS • Monday, 8 May 2023 - 22:55 WIB

Jakarta - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla meminta relawan membantu masyarakat secara tuntas dan ikhlas. Bantuan tersebut dimulai sejak kondisi darurat hingga pemulihan. 

"Kita tidak hanya membantu secara ikhlas, tapi juga sampai tuntas. Kita tidak sekedar 'tancap bendera' kemudian pergi," kata JK dalam sambutan perayaan Hari Palang Merah dan Bulan Sabit Merah sedunia, Senin 8 Mei 2023.

JK menyebut, menolong sepenuh hati ini salah satunya seperti yang dilakukan PMI di Kabupaten Cianjur dalam operasi gempa akhir 2022 lalu. Posko Joglo PMI di Kabupaten Cianjur hingga kini masih melayani sanitasi dan air, hunian sementara hingga promosi kesehatan.

JK melanjutkan, selain fokus dalam kesiapsiagaan, penanggulangan, hingga pemulihan bencana, PMI juga fokus dalam memberikan bantuan internasional. PMI sebagai bagian dari gerakan kepalangmerahan internasional kerap memberikan bantuan ke negara yang dilanda kedaruratan bencana.

"Terakhir, kita kirimkan bantuan 100 ribu dolar ke Turki. Kita kirimkan juga relawan yang bergabung dengan tim dari pemerintah Indonesia," tukas JK.

Organisasi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional mengangkat tema 'Everything We do Comes From The Heart'. Melalui tema ini, PMI mengajak masyarakat untuk aktif menyebarkan pesan kemanusiaan, yakni untuk menolong sesama dengan sepenuh hati.