Tidak Hanya UMKM dan Franchise, FLEI 2023 Gandeng Coffee Festival

LAN • Sunday, 7 May 2023 - 09:27 WIB

Jakarta - Franchise License Expo Indonesia atau FLEI merupakan franchise (waralaba) dan lisensi pameran terbesar dan paling komprehensif di Indonesia dengan menyediakan jangkauan luas, baik dalam negeri maupun internasional bagi para calon franchisee (pewaralaba).

Jangkauan tersebut mencakup informasi mengenai kesempatan berbisnis, konsultasi, serta bentuk supporting services, demi mencapai sebuah kesepakatan yang saling menguntungkan bagi para kolaborator bisnis.

Berbeda dari tahun sebelumnya, FLEI ke-20 dengan tema “GRAB-RUN-GROW” tidak diselenggarakan di Jakarta Convention Center, melainkan di JIExpo Kemayoran, dengan menghadirkan beragam bisnis franchise tentunya disertai dengan masing-masing promo yang ditawarkan para franchisor kepada calon franchisee.

Dengan mendapat dukungan dari Kadin Indonesia dan Perhimpunan Wali (Waralaba & Lisensi Indonesia), acara ini berhasil terlaksana dengan keamanan yang sangat baik, serta mampu memberikan dampak yang sangat menguntungkan bagi para franchisor dan tenants yang ada, seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Tentunya kita sangat terbantu dengan acara seperti ini. Sehingga, ekosistemnya kan tetep berjalan, ya. Kita juga sebagai franchisee, butuh calon franchisee atau calon mitra itu untuk bergabung dengan kita, sehingga kita dipertemukan. Begitu juga dengan calon mitra yang ingin punya usaha, dipertemukan dengan para brand di sini, sehingga saling terhubung. Jadi, cukup terbantu.” kata Ujang, pemilik franchise DimSumYang kepada MNC Trijaya FM.

Perbedaan FLEI 2023 cukup menarik perhatian juga dipengaruhi oleh adanya konjungsi FLEI dengan pameran Indonesia Coffee Festival serta Cafe & Brasserie Expo untuk para cafe owners, entrepreneur, investor, dan seluruh pelaku dalam food and beverage industry.

“Dari kemarin, di hari pertama engagement nya cukup banyak. Kalau untuk produk yang terjual atau dibeli, kami gak bisa sebut secara rinci, ya. Tapi, so far 50% sih sudah tercapai ya dari target kita. Kemudian di hari ini, engagement nya juga meningkat lagi. Karena ditambah hari ini juga kan weekend, ya. Jadi, engagement dan pengunjung juga bertambah, antusiasme juga bertambah lagi,” tutur Delviano, pemilik usaha UMKM Time Roastery.

Dalam festival tersebut juga diselenggarakan berbagai kompetisi, di antaranya adalah Indonesia Cup Tasters Championship, Indonesia Barista Championship, dan juga Indonesia Brewers Cup 2023, yang diikuti oleh para peserta dari berbagai daerah. (Iftikhor)