Bandara Kertajati Jadi Embarkasi Haji, Kemenag: Kesiapan Capai 90%

FAZ • Friday, 5 May 2023 - 21:26 WIB

Jakarta - Direktur Layanan Haji dalam Negeri Kementerian Agama (Kemenag) Saiful Mujab mengatakan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, untuk pertama kalinya akan memberangkatkan jamaah haji pada 2023.

Ia mengungkapkan, kesiapan Bandara Kertajati untuk menyelenggarakan penerbangan haji 2023 sudah mencapai 90 persen.

Saiful menambahkan, Otoritas Umum Penerbangan Sipil Arab Saudi atau General Authority of Civil Aviation (GACA) Arab Saudi sudah mengecek langsung Bandara Kertajati. Dari penilaian itu, Bandara Kertajati layak untuk menjadi embarkasi dan debarkasi haji.

'Bandara Kertajati sudah lulus uji dari GACA. Persentase persiapan diatas 90 persen," katanya di Bandara Kertajati, Jumat (5/5/2023).

Ia membeberkan, Bandara Kertajati akan memberangkatkan 24 kloter untuk wilayah Majalengka, Kuningan, Kabupaten/Kota Cirebon, Indramayu, Subang, dan Sumedang.

"Jadi sekitar 8.000 jamaah nanti akan berangkat dari sini dan insyaallah kloter pertama pada tanggal 28 Mei 2023 sekitar 21.00 WIB," ucapnya.

Ia menjelaskan, Bandara Kertajati berbeda dengan Embarkasi lainnya dari segi adminstrasi.

"Kalau yang lain selesai administrasi termasuk imigrasi dan lain sebagainya di asrama. Untuk di Kertajati tahun ini selesainya di bandara," katanya.