Kemenag: Bandara Kertajati akan Berangkatkan 8 Ribu Jemaah Haji

LAN • Friday, 5 May 2023 - 19:43 WIB

JAKARTA - Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kementerian Agama, Saiful Mujab mengungkapkan Bandar Udara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat akan berangkat 8.000 jemaah haji dengan 24 kloter keberangkatan.

"Alhamdulillah sore hari ini baru saja kita mengikuti terkait persiapan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1444 Hijriah di embarkasi Kertajati dengan asrama haji di Indramayu," kata Saiful di Bandara Kertajati, Jumat (5/5/2023).

Saiful menambahkan, Bandara Kertajati untuk pertama kalinya menyediakan fasilitas keberangkatan haji untuk wilayah Majalengka dan sekitarnya.

"Tadi sudah dijelaskan terkait jamaah datang sampai akhir boarding hingga naik pesawat. Untuk pertama kali untuk penyelenggaraan ibadah haji di Kertajati yang dijadwalkan akan memberangkatkan 24 kloter untuk wilayah Majalengka, Kuningan, Cirebon, Indramayu, Subang dan Sumedang," katanya.

Saiful mengungkapkan tahun ini sekitar 8.000 jemaah haji akan berangkat dari Bandara Kertajati mulai 28 Mei 2023.

"Jadi sekitar 8.000 jamaah nanti akan berangkat dari sini dan insyaallah kloter pertama pada tanggal 28 Mei 2023 sekitar 21.00 WIB," jelasnya.

Kemudian dikatakan Saiful untuk tahun ini embarkasi Kertajati berbeda dengan 13 embarkasi yang lain.

"Kalau yang lain selesai administrasi termasuk imigrasi dan lain sebagainya di asrama. Untuk di Kertajati tahun ini selesainya di bandara," lanjutnya.

Saiful melanjutkan, nantinya asrama haji untuk persiapan selama 24 jam. Setelah itu diberangkatkan ke bandara.

"Tahun ini beda karena kesiapan asrama haji. Insyaallah tahun depan kalau sudah semua terpenuhi akan disamakan standarnya," tuturnya.