Dubes Mozambik, Brasil, Timor Leste, dan Portugal Merayakan Hari Bahasa Portugis Sedunia 2023

MUS • Friday, 5 May 2023 - 16:14 WIB

Depok - Duta besar Mozambik, Brasil, Timor Leste, dan Portugal menghadiri acara perayaan Hari Bahasa Portugis Sedunia 2023 di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI), pada Jumat (5/5/2023). 

Sejak November 2019, UNESCO resmi menetapkan tanggal 5 Mei sebagai hari Bahasa Portugis Sedunia, untuk melestarikan bahasa dan budaya Portugis.

Hadir sebagai pembicara, beberapa representasi negara yang tergabung dalam Community of Portuguese Language Countries (CPLP) atau Komunitas Negara Pengguna Bahasa Portugis. Di antaranya adalah Belmiro José Malate (Duta Besar Mozambik), José Amir Da Costa Dornelles (Duta Besar Brasil), Filomeno Aleixo Da Cruz (Duta Besar Timor Leste), dan Maria Joao Lopes Cardoso (Duta Besar Portugal) serta diramaikan oleh para mahasiswa FIB UI yang mengikuti kelas bahasa Portugis.

Perayaan ini adalah bentuk dari upaya penguatan hubungan antara Indonesia dan Negara Lusophone (Negara Pengguna Bahasa Portugis) dalam bidang budaya.

"Ada sebanyak 200-an negara yang menggunakan bahasa Portugis. Selain itu, banyak juga kata-kata serapan dari bahasa Portugis dalam kosa kata bahasa Indonesia," ujar Belmiro José dalam sambutannya. 

Setelah pembacaan sambutan, setiap duta besar membacakan satu karya puisi yang dibuat oleh seorang penyair terkenal yang berasal dari masing-masing negara. 

"Bangsa Portugis adalah bangsa pelaut. Maka dari itu, bahasa Portugis digunakan di empat kontinen di dunia," tutur Maria Joao.

Kemudian, acara dilanjutkan dengan penampilan pembacaan puisi dari keempat negara tersebut dan nyanyian lagu berbahasa Portugis yang dipersembahkan oleh para mahasiswa FIB UI.

Duta Besar Mozambik sangat terpukau dengan pembacaan puisi Mozambik yang dibacakan oleh para mahasiswa, dan langsung meminta mereka untuk berfoto bersama selesai penampilannya. 

Akhir acara, Dekan FIB UI, Dr. Bondan Kanumoyoso, memberikan bingkisan kepada para duta besar yang telah hadir dan berpartisipasi dalam perayaan tersebut. (Salsa)