ESQ Nobatkan Pemprov Kalteng Juara 1 Nasional Nilai Harmonis Dalam BerAKHLAK

FAZ • Friday, 5 May 2023 - 06:41 WIB

Jakarta - ESQ/Accelerated Culture Transformation (ACT) Consulting International yang berkolaborasi dengan KemenPANRB menganugerahi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) sebagai juara 1 nasional nilai Harmonis dalam BerAKHLAK untuk kategori Pemerintah Daerah.

Piala serta piagam penghargaan diberikan oleh Founder ESQ Group Ary Ginanjar Agustian kepada Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo yang disaksikan oleh para Pejabat dan Perangkat Daerah Lingkup Pemprov Kalteng di Menara 165 Jakarta, Rabu (3/5/2023).

"Saya ucapkan selamat kepada Pemprov Kalteng karena menempati posisi juara 1 di antara Pemerintah Provinsi dengan indeks implementasi nilai harmonis," ujar Ary dalam sambutannya.

"Harmonisnya terbaik di seluruh Indonesia, angkanya pun sangat bagus," lanjutnya.

Ary menuturkan bahwa berdasarkan pengukuran yang dilakukan ditemukan bahwa secara personal pegawai Pemprov Kalteng merupakan orang-orang yang sangat mementingkan jalinan relasi dan kebersamaan. Hal ini sejalan dengan nilai Harmonis yang secara persentase lebih tinggi implementasinya dibandingkan nilai BerAKHLAK yang lain.

"Kami ACT Consulting International diminta KemenPANRB untuk melakukan asesmen terbesar, sehingga mendapat rekor MURI. Ada 4,5 juta ASN yang kami ukur bagaimana implementasi BerAKHLAKnya," ungkapnya.

"Pengukurannya dengan cara Survei. Tanpa intervensi, tanpa pengaruh dari siapapun dan murni penilaiannya oleh bapak ibu sendiri di Pemprov Kalteng (3048 responden)," lanjut Ary.

Menurutnya, ini bisa menjadi pengalaman untuk seluruh Indonesia yakni transformasi moral. Dan orientasinya bagaimana cara meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Di akhir tahun akan ada pengukuran ulang oleh Pak Menpanrb. Kami juga akan mengukur. Upayakan naik atau dipertahankan. Karena pengukuran yang kedua ini lebih seru dan menegangkan lagi. Jadi siapkan dulu timnya," himbau Ary.

Selain itu, Wagub Kalteng turut mengucapkan terima kasih kepada KemenPANRB serta ACT Consulting International yang telah menjalankan acara luar biasa untuk melahirkan SDM unggul.

"Terimakasih juga kepada Pak Ary Ginanjar atas motivasi dan siraman yang diberikan dalam rangka membangun ASN berkarakter tangguh dan ikhlas melayani bangsa," tutur Edy.

"Karena dengan semangat seperti inilah tugas sebagai abdi negara bisa terlaksana dengan baik," sambutannya.

Ia menegaskan bahwa Gubernur Kalteng dan jajaran berkomitmen kuat untuk membumikan BerAKHLAK sejak diluncurkan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Segala upaya harus dilakukan, bukan hanya slogan namun menjadikan BerAKHLAK sebagai mental dan model setiap ASN," imbuhnya.