Koalisi Besar, Apakah Bisa Tercapai? ini Kata Pakar Politik

MUS • Thursday, 4 May 2023 - 15:31 WIB

Jakarta - Belakangan ini, publik tengah disuguhkan oleh berbagai berita terkait koalisi besar yang direncanakan beberapa partai politik. Saat ini pun aktivitas anjangsana terus dilakukan para elit partai. 

Dalam perkembangannya, aktivitas anjangsana yang bertajuk ‘halal bihalal’ ini sempat dilakukan oleh Partai Golkar dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada (03/05). Aktivitas ini dihadiri langsung oleh Airlangga Hartarto selaku Ketua Umum Partai Golkar dan Muhaimin Iskandar selaku Ketua Umum PKB beserta para pengurus dari masing-masing partai.

“Saya lihat dari masing-masing partai memiliki argumentasi. Terlihat dari PPP yang sebetulnya ingin membawa KIB ke PDIP. Sementara, Golkar merasa KIB itu tidak pecah, tapi kenyataannya malah sebaliknya. Jadi menurut saya ini sudah kocar-kacir,” ujar Siti Zuhro, Pakar Politik & Peneliti Ahli Utama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dalam wawancara Trijaya FM, Kamis, (04/05/2023).

Siti menambahkan, pergerakan partai-partai politik dalam beberapa waktu ke depan dipastikan akan sangat dinamis. Dimana aktivitas silaturahmi juga akan terus terjadi hingga muncul keputusan akhir. 

“Jadi saya simpulkan, selama masih ada aktivitas anjangsana, maka artinya belum ada keputusan final yang diambil oleh mereka,” tutup Siti Zuhro. (Savira)