Gus Imin-Airlangga Bertemu Besok, Sinyal Golkar Merapat ke Koalisi PKB-Gerindra? 

AKM • Tuesday, 2 May 2023 - 21:12 WIB

Jakarta  – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Imin) bakal menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Resto Pelataran, Senayan, Jakarta, Rabu besok (3/5/2023). Rencana pertemuan dua ketua umum partai politik (parpol) tersebut dibocorkan oleh Wakil Ketua Umum Bidang Pemenangan Pemilu DPP PKB Jazilul Fawaid. 

”Iya, insyaallah besok Rabu, 3 Mei, sekitar Pukul 13.00 WIB, Gus Imin dan Pak Airlangga rencananya akan menggelar halalbihalal DPP PKB dan DPP Golkar,” ujar Gus Jazil–sapaan akrab Jazilul Fawaid di Jakarta, Selasa (2/5/2023). 

Gus Jazil mengatakan, halalbihalal tersebut selain akan dihadiri Gus Imin dan Airlangga Hartarto, juga akan dihadiri oleh sejumlah elite kedua parpol. Apakah pertemuan tersebut sebagai sinyal Partai Golkar bakal merapat ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang sebelumnya sudah dibangun antara PKB dengan Partai Golkar? Gus Jazil tidak menjawab secara tegas. Namun, Wakil Ketua MPR RI ini memastikan bahwa salah satu agenda pertemuan tersebut yaitu membahas perkembangan politik terkini. ”Gus Imin dan Pak Airlangga didampingi para pengurus DPP masing-masing. Agendanya halalbihalal sekaligus tukar pikiran terkait update perkembangan politik,” katanya. 

Sebelumnya, Gus Imin pernah mengatakan bahwa Partai Golkar sangat berpeluang bergabung dengan KKIR bersama dengan PKB dan Partai Gerindra. ”Koalisi tambahan PKB-Gerindra ini yang baru fix Golkar, moga-moga tidak berubah. Kita berharap koalisi ini bisa semakin memperkuat koalisi PKB-Gerindra,” ujar Muhaimin di Kantor DPP PKB, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Dikatakan Gus Imin, sebelum Golkar merapat ke KKIR maka terlebih dahulu harus ada penyamaan rekuensi sehingga terjalin kesamaan visi di antara ketiga parpol.

Koalisi PKB dan Gerindra sendiri belakangan semakin solid. Memang belum ada pernyataan yang gamblang siapa bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang akan diusung oleh KKIR. Namun, Prabowo ketika ditanya wartawan mengenai peluangnya berpasangan dengan Gus Imin, Menteri Pertahanan tersebut meminta awak media untuk melihat dari Bahasa tubuh kedua ketum parpol tersebut. 

”Kalian kan bisa lihat dari body language (bahasa tubuh), pokoknya mantap,” kata Prabowo saat menerima Gus Imin dan jajaran DPP PKB di kediamannya, Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.