Warga Jepang Antusias Saksikan Reog Ponorogo dalam International Friendship Day 2023 di Kota Toyota

MUS • Tuesday, 2 May 2023 - 19:26 WIB

Toyota Indonesia Group (TIG) dan Toyota International Association didukung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar kegiatan International Friendship Day 2023 di kota Toyota, Prefektur Aichi, pada 29 – 30 April 2023. 

Penampilan Reog Ponorogo menjadi perhatian utama tidak hanya peserta kegiatan International Friendship Day 2023, tetapi juga puluhan warga Jepang yang menonton. Penari topeng Barongan yang menyerupai harimau berukuran besar dengan hiasan bulu ekor merak dalam Reog Ponorogo ini menjadi daya tarik tersendiri dalam penampilan mereka. Tidak hanya itu, tampilan penari Jatilan juga cukup memikat para penonton. Penampil dalam kesenian reog Ponorogo sebanyak lima orang adalah WNI para pekerja kontrak di Jepang. 

Kegiatan yang didukung pula oleh Pemerintah Kota Toyota ini dihadiri oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi, Walikota Toyota Toshihiko Ota dan Chairperson Toyota International Association Toyoda Akiko. 

Dubes Heri dalam sambutannya menekankan kolaborasi erat Indonesia – Jepang dalam acara International Friendship Day 2023 diharapkan dapat memberi pemahaman warga Jepang tentang seni dan budaya Indonesia. 

“Saya senang dan bangga melihat kolaborasi erat warga Jepang dengan WNI dalam menyelenggarakan acara ini. Khususnya dalam upaya mengenalkan seni dan budaya Indonesia di antaranya Reog Ponorogo. Apresiasi saya kepada Bapak Walikota Toyota yang telah memfasilitasi International Friendship Day. Semoga acara ini dapat memberikan pemahaman lebih dalam tentang Indonesia dan saling pengertian antara Indonesia, Jepang serta komunitas internasional lainnya,” ujar Dubes Heri yang didampingi Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler Titiek Hamzah, Diplomat muda Jurman Saputra Nazar, dan Atase Keuangan Sonny Surachman Ramli

Sementara itu, Walikota Toyota Toshihiko Ota mengapresiasi dukungan penuh dari Dubes Heri Akhmadi dalam kegiatan International Friendship Day 2023. Kegiatan ini, menurutnya akan semakin menguatkan kerja sama Jepang – Indonesia dalam 65 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Ia berharap tahun depan kegiatan serupa dapat digelar lebih meriah dengan peserta lebih banyak dari mancanegara.  

Selain Reog Ponorogo, komunitas WNI dalam kegiatan ini juga membawakan Tari Selayang Pandang, Tari Gondang Kreasi – Sinanggartulo, Tari Bajidorkahot, Tari Piring, Topeng Kelana Priangan Cirebon, Tari Topeng Bali dan Tari Manggarpati Bali. 

Pelayanan terpadu KBRI Tokyo dan pertemuan masyarakat juga digelar dalam  kegiatan ini. Ada lebih dari 450 WNI mengikuti layanan terpadu ini. Pelayanan yang dilakukan di antaranya meliputi perpanjangan paspor, perekaman data biometrik KTP elektronik, penerbitan identitas kependudukan digital, lapor diri, konsultasi keuangan dan perpajakan, serta konsultasi kekonsuleran.