Lepas Kontingen Atlet yang akan Berlaga di SEA Games Kamboja, Jokowi: Saya Minta Medali Emas Lebih Banyak dari Tahun kemarin

LAN • Tuesday, 2 May 2023 - 18:02 WIB

Jakarta - Presiden Jokowi melepas keberangkatan 599 atlet kontingen Indonesia yang akan berlaga di SEA Games ke-32 di Kamboja.

Para atlet tersebut didampingi oleh sejumlah tenaga medis, pelatih, ofisial, serta tenaga keolahragaan dan lainnya dengan total jumlah keseluruhan sebanyak 884 orang.

Jokowi meminta para atlet untuk mendapatkan medali emas lebih banyak dan meningkatkan peringkat Indonesia dari laga sebelumnya. 

"Hari ini saya akan melepas kontingen Sea Games ke-32 ke Kamboja, yang kita berangkatkan atletnya sebanyak 599 atlet. Dan akan mengikuti 31 cabang olahraga. Saya hanya pesan di Sea Games di Vietnam kita memperoleh saat itu medali 69 emas, dan peringkat kita di peringkat ke 3," ujar Jokowi saat memberi arahan di lapangan Istana, Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Jokowi juga berpesan untuk bekerja keras agar dapat mencapai target tersebut. Ia berharap seluruh kontingen telah memiliki bekal yang cukup untuk bertanding di Kamboja.

Sementara Menpora, Dito Ariotedjo, mengatakan bahwa sudah ada beberapa cabang olahraga yang telah bertanding di Kamboja, diantaranya adalah sepak bola, kriket, dan hoki. Sedangkan yang lain, baru akan berangkat pada 4 Mei 2023.

Selain Presiden Jokowi dan Menpora, turut hadir Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, serta pimpinan federasi cabang olahraga dan sejumlah pejabat lainnya.