Jelang Berakhirnya Operasi Ketupat Candi 2023, Kapolda Jateng Tegaskan Personel Masih Semangat Bertugas

MUS • Monday, 1 May 2023 - 20:08 WIB

Pati - Operasi Ketupat Candi 2023 akan dinyatakan resmi berakhir pada malam nanti pukul 24.00 WIB. Meski demikian, seluruh personel yang terlibat hingga saat ini masih siaga dan tetap bersemangat dalam melaksanakan tugas.

Hal itu diungkapkan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi saat melaksanakan asistensi pemantauan arus balik Ops Ketupat Candi di Pos Pam Puri, Kabupaten Pati, Senin (1/5). 

Dengan didampingi Dir Lantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho dan Kabid Propam Kombes Pol Aris Supriyono, kunjungan Kapolda disambut langsung oleh Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, Dandim 0718/Pati Letkol Inf Catur Irawan serta para PJU Polresta Pati.

Selain memantau kesiapan personel pengamanan, dalam kegiatan itu Kapolda Jateng juga melakukan Bakti sosial di sekitar Pospam Puri kepada 18 orang warga yang kurang mampu.

“Secara Keseluruhan Pospam seluruh wilayah Jawa Tengah anggota masih siaga dan tetap semangat dalam melaksanakan kegiatan,” ujar Kapolda kepada awak media usai kegiatan.

Kapolda menyebut, bahwa antusias masyarakat yang merayakan Lebaran tahun ini bersama keluarga di kampung halaman meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah pemudik dan kendaraan yang melintas di Jawa Tengah mengalami kenaikan 26 persen," ungkap Kapolda.

Meski demikian, dituturkan bahwa tidak ada kejadian kecelakaan menonjol di Jawa Tengah. Bahkan angka kecelakaan lalu lintas turun 30 persen dibandingan tahun sebelumnya.

"Ini semua berkat kesadaran masyarakat yang selalu mematuhi arahan petugas di lapangan. Saya ucapkan terimakasih pada masyarakat yang telah ikut serta membantu kelancaran giat Ops Ketupat Candi selama arus mudik dan balik," ujarnya

Kapolda juga memberikan apreasiasinya kepada seluruh personil gabungan baik TNI-Polri serta Stakeholder terkait. Berkat  kerja keras dan dedikasi mereka mengamankan arus mudik dan balik, masyarakat dapat merayakan lebaran bersama keluarga dalam suasana nyaman dan menyenangkan.

Kapolda berharap dengan berakhirnya Ops Ketupat Candi 2023, pelayanan kepada masyarakat dan arus balik dapat dipertanggungjawabkan.

“Kita Doakan berakhirnya Ops Ketupat Candi 2023, pelayanan kepada Masyarakat dan arus balik dapat dipertanggungjawabkan dan Anggota tetap semangat itu yang paling pokok,” tandas Kapolda Jateng. (APb)