Semangat Belajar, Sukses Jadikan Guru Penggerak Menjadi Kepala Sekolah

AKM • Saturday, 29 Apr 2023 - 09:20 WIB

Kupang - Pemerintah melalui Kementrian pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (kemendikbudristek) telah meluncurkan program Guru Pemggerak. Dengan sejumlah pelatihan dan praktek dalam jangka waktu tertentu telah menghasilkan ribuan guru penggerak di Indonesia termasuk di wilayah Kupang Musa Tenggara Timur (NTT).

Rosie Benitha salah satu guru penggerak di Kota  Kupang ini telah berhasil menjadi kepala sekolah atas segala pengorbanan dan kegiatan yang ditempuhnya. Rosie Benitha saat ini telah menjabat Kepala Sekolah di TK Dian Harapan. 

“ Saya ingim terus belajar termasuk sebagai guru penggerak,” kata Rosie, saat  dialog dalam rangkaian acara Pers Touring di Kupang, NTT, Jumat (28/4). 

Rosie menjelaskan pelatihan yang dirinya ikuti sebagai angkatan ke 3 berlangsung selama 9 bulan.  Salah satu materinya adalah  memperkuat pemikiran Ki Hadjar Dewantoro terhadap pendidikan.

“ Pelatihan dilakukan secara on line dan di isi oleh narsum yang bagus dan baik,”ungkapnya. 

Rosie mengakui penerapan teori yang didapatnya sebagai guru penggerak menjadi praktek dikelas tidak mudah dilakukan.

“Perlu penyesuaian dan waktu meski sulit tapi bisa berjalan secara bertahap melalui kerja semua pihak termasuk orang tua dan murid,” paparnya.

Rosie menikmati hasil jerih payah sebagai guru penggerak ketika dirinya dipercaya menjadi kepala sekolah. Rosie ingin juga  meningkatkan guru penggerak di wilayahnya agar terus berkembang dalam menunjang kualitas pendidikan di kupang.

“ Saya ikhlas untuk belajar dan terus belajar. Bukan menjadi target utama sebagai kepala sekolah,” tandasnya