Tahun Politik, Menag Yaqut Ingatkan ASN Kementerian Agama Tetap Jaga Netralitas

MUS • Friday, 28 Apr 2023 - 14:49 WIB

Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama agar tetap menjaga netralitas di tahun politik jelang pemilu 2024.

Meski baru digelar tahun depan, Menag mengakui eskalasi politik jelang pesta demokrasi sudah mulai terasa. 

“Saya ingin mengingatkan kepada kita semua bahwa tahun politik ini sudah mulai. Eskalasi politik juga sudah mulai meningkat intensitasnya. Saya meminta bapak ibu sekalian agar tidak terpengaruh,” ungkap Menag Yaqut di Jakarta, Jumat (28/4/2023).

BACA JUGA: Kerahkan 14 Armada, Garuda Siap Terbangkan 104.172 Jemaah Haji Reguler

Gus Men, panggilan akrab Menag, juga meminta ASN Kementerian Agama tetap bekerja seperti biasa, dan terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Gus Men berpesan agar ASN Kementerian Agama tidak terlibat dalam politik praktis, apalagi sampai mengarah pada hal yang memicu potensi konflik.

“Tidak perlu ikut-ikutan geliat arus politik yang sedang terjadi,” jelasnya.

“Saya tidak ingin di antara bapak-ibu sekalian selaku ASN terkena masalah karena tahun politik ini,” lanjutnya.

BACA JUGA: Pesan Idul Fitri Menag Yaqut: Hentikan Perselisihan dan Caci Maki

Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) akan melakukan pengawasan lebih ketat kepada ASN-ASN yang terlibat politik praktis. Menag berharap tidak ada masalah terkait hal tersebut yang menimpa ASN Kementerian Agama.

“Saya tidak ingin ada catatan-catatan yang melibatkan ASN Kemenag. Karena itu akan menjadi catatan yang kurang bagus bagi masa depan,” ujarnya.

“Tetap menjaga kekompakan dalam memberi pelayanan pelayanan keagamaan tanpa harus membeda-bedakan, baik membedakan asal, agama, asal ormasnya, atau sukunya, yang boleh kita bedakan itu kalau ada yang tidak setia kepada NKRI itu tidak usah dilayani,” tegas Menag.