KGSB Ajak Tenaga Pendidik Berikan Konseling yang Tepat Kepada Korban Bullying

MUS • Friday, 28 Apr 2023 - 11:49 WIB

Jakarta – Bullying atau perundungan masih menjadi masalah yang cukup serius di Indonesia. Kasus bullying saat ini kembali menjadi sorotan publik dan kasusnya semakin meningkat. Berdasarkan data dari Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) setidaknya sudah terdapat lebih dari 226 kasus kekerasan fisik dan psikis, termasuk perundungan. 

Kemudian KPAI juga mencatat selama periode 2016-2020 ada 665 anak yang harus berhadapan dengan hukum karena menjadi pelaku kekerasan. Rinciannya, 506 anak melakukan kekerasan fisik dan 149 anak melakukan kekerasan psikis.

Menurut data Programme for International Students Assessment (PISA) pada tahun 2018 menunjukkan sebanyak 41,1 persen siswa di Indonesia mengaku pernah mengalami perundungan. Di tahun yang sama, Indonesia menempati posisi kelima tertinggi dari 78 negara sebagai negara yang paling banyak mencatat kasus perundungan di lingkungan sekolah.

Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja (SNPHAR) oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) di tahun 2018 menyatakan bahwa setiap 2 dari 3 anak remaja pernah mengalami kekerasan, dan setiap 3 dari 4 kasus tersebut merupakan kasus antar teman sebayanya.

Jika dibiarkan, bullying dapat memberikan dampak yang merugikan korban secara berkepanjangan seperti stres, depresi, bahkan trauma. Selain itu korban bullying juga dapat mengalami masalah kesehatan dan penurunan performa akademis. 

Masalah bullying di sekolah perlu diatasi dengan kerja sama dari guru di sekolah dan keluarga siswa. Salah satu yang bisa dilakukan oleh tenaga pendidik untuk menangani dampak bullying adalah dengan memberikan konseling yang tepat kepada para korban bullying di sekolah.

Menyadari bahaya dampak bullying kepada siswa, Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB) mengadakan Webinar KGSB bertajuk ‘Teknik Konseling Kepada Korban Bullying di Sekolah’ pada Sabtu, 15 April 2023 yang diikuti oleh ratusan tenaga pendidik anggota KGSB dari Indonesia dan Timor Leste.

Webinar ini menghadirkan narasumber yaitu Sekretaris Program Studi S1 Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya, Nanda Rossalia, M.Psi, Psikolog, Founder Rumah Guru BK dan Widyaiswara Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Barat di Kemendikbud Ristek RI, Ana Susanti, M.Pd,CEP, CHt, serta Guru BK SMPN 2 Jayapura dan Anggota KGSB, Manggar Istanti., S.Pd., M.Pd.

Founder KGSB, Ruth Andriani, mengatakan akhir-akhir ini maraknya pemberitaan kasus perundungan semakin memprihatinkan, terutama perundungan melalui kekerasan fisik di lingkungan sekolah. Padahal seharusnya lingkungan sekolah dapat menjadi tempat belajar yang aman dan menyenangkan bagi semua.

Jika kita melihat dampaknya, tentunya ada dampak psikologis yang dialami korban perundungan sehingga peran tenaga pendidik sangatlah penting dalam membantu dan mendampingi korban bullying melalui teknik konseling yang tepat.

“Melalui upaya ini kami harap kita tidak hanya bisa ‘mengobati’, namun ke depannya kita semua dapat bersama-sama mencegah dan memutus mata rantai perundungan khususnya di lingkungan sekolah. Serta menjadikan Sekolah sebagai ruang aman dan nyaman bagi anak untuk belajar dan mengembangkan dirinya.” ujar Ruth.

Founder Rumah Guru BK, Ana Susanti menjelaskan bahwa dibutuhkan kolaborasi dari semua pihak terkait untuk mencegah dan menangani kasus bullying di sekolah. Sesuai data dari Comparitech di tahun 2018, 82,8% kasus bullying terjadi di sekolah, menjadikan sekolah menjadi lokasi paling banyak terdapat kasus bullying.

“Kemendikbud Ristek RI bersama dengan UNICEF Indonesia melaksanakan program Roots untuk mencegah bullying di lingkungan pendidikan. Program ini dikembangkan sejak tahun 2017 dan awalnya dilaksanakan di wilayah Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, dan Papua Barat. Program Roots fokus mengatasi bullying di sekolah dengan melibatkan teman sebaya. Program ini dinilai efektif karena bisa mengurangi tingkat perundungan di sekolah hingga 30% saat awal diimplementasikan pada 2017. Program Roots mulai diimplementasikan secara nasional pada tahun 2021,” jelas Ana.

Sekretaris Program Studi S1 Fakultas Psikologi UNIKA Atmajaya, Nanda Rosalia, memaparkan untuk memberikan konseling kepada korban maupun saksi dan pelaku bullying dapat dilakukan dengan teknik ABC irrational belief. Teknik ini mengenali pikiran negatif atau irrational belief dari korban, saksi, atau pelaku dan kemudian mengubahnya menjadi rational belief yang dapat mengubah cara untuk menyikapi kejadian negatif yang terjadi.

“Untuk membantu korban bullying, seorang konselor harus memberikan konseling yang tepat dan dibutuhkan oleh korban dengan mengenali pikiran negatif apa yang dimiliki oleh korban sehingga dampak buruk dari bullying dapat dihindari,” pungkas Nanda.

Tentang Komunitas Guru Satkaara Berbagi (KGSB)
KGSB merupakan wadah beranggotakan tenaga pendidik setingkat Paud/TK, SD-SMA hingga Perguruan Tinggi sederajat dari seluruh Indonesia dan Timor Leste yang diresmikan pada 18 Desember 2022. Saat ini terdapat lebih dari 600 tenaga pendidik KGSB dari tingkat PAUD hingga SMA Sederajat, bahkan Perguruan Tinggi yang tersebar di 59 kota, 121 kabupaten, 33 provinsi di Indonesia serta Timor Leste.

Program KGSB meliputi kegiatan pengembangan diri berupa seminar dan pelatihan bagi tenaga pendidik yang dilakukan regular setiap bulannya. KGSB mengusung filosofi berbagi yaitu dari dan untuk tenaga pendidik yang diharapkan mampu berdampak serta bernilai bagi dunia pendidikan yang lebih baik di masa depan. Keanggotaan dan kegiatannya tidak berbayar alias gratis.