FILM Asterix & Obelix: The Middle Kingdom

MUS • Friday, 28 Apr 2023 - 11:18 WIB

 

Genre: Comedy, Adventure
Sutradara: Guillaume Canet
Pemeran: Guillaume Canet, Gilles Lellouche, Vincent Cassel, Marion Cotillard, Zlatan Ibrahimovic
Durasi: Hampir 2 jam
Mulai tayang di Cinema XXI: 28 April 2023

Libur Lebaran rasanya pas diakhiri dengan tontonan segar. Asterix & Obelix: The Middle Kingdom siap menghibur seluruh anggota keluarga. 

Orang Galia sakti yang memiliki ramuan ajaib, Asterix, kali ini ditemani sahabatnya berpetualang sampai ke Tiongkok (yang secara harafiah berarti kerajaan tengah atau negara tengah, the middle kingdom). 

Mereka harus mengembalikan putri pewaris tahta dari Pemaisuri yang berkuasa di Cina. Sang putri lari dari kejaran pangeran Deng Tsin Qin, yang namanya pelesetan dari Dancing Queen, hits ABBA. 

Pangeran Deng tak segan-segan melakukan kudeta, menawan Permaisuri, dan siap menahan perlawanan putri. Konflik tersebut sampai melibatkan Julius Caesar, yang sudah mendengar tentang kejayaan Dinasti di Tiongkok, sekaligus mengenal kepiawaian Asterix & Obelix. 

Kali ini, Caesar pun ingin menguasai Tiongkok dan siap bekerja sama dengan Pangeran Deng. Sang putri yang awalnya mengajak Asterix & Obelix untuk melawan Pangeran Deng, kini malah bersiap menghadapi penguasa disegani dalam sejarah Romawi.

Dalam petualangan tersebut, Asterix dan Obelix pun perlu beradaptasi dan mengenal lebih dekat dengan budaya Cina. Kedekatan tersebut pun menebarkan benih-benih asmara, antara Asterix dan Obelix beserta para dua rekan cantik seperjalanan. Sang Putri bersama pengawal pribadinya, juga tak segan membuka hati mereka untuk kedua sahabat tersebut. 

Pengawal tersebut bernama Kah Rah Tay, terdengar seperti karate bukan?

Begitulah, seperti biasa Asterix & Obelix akan memancing tawa lewat pelesetan nama-nama dan aksi kocak mereka dalam melawan musuh-musuhnya. Siap-siap bertemu karakter-karakter kocak, mulai dari anjing kesayangan Obelix, Dogmatix, kemudian Titanix, Remix, Biopix, Radius, Cubitus, dan Antivirus. 

Untuk nama terakhir, cukup menarik perhatian. Antivirus merupakan nama panglima perang yang diperankan pesepakbola asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic. Meski singkat, para penggemarnya tentu tak ingin melewatkan aksi idolanya di layar lebar. 

Selain itu, Cleopatra, kekasih Julius Caesar yang juga sering berinteraksi dengan Asterix & Obelix, digambarkan sebagai sosok permaisuri yang sedang bertengkar dengan Caesar. Cleopatra diperankan aktris pemenang Academy Award, Marion Cotillard.

Asterix & Obelix: The Middle Kingdom menjadi edisi pertama yang tak mengangkat cerita komiknya. Sineas Guillaume Canet juga menjalani peran perdana dalam live-action Asterix, sebagai sutradara maupun peran utama.

Visualisasinya yang cerah memiliki daya tarik tersendiri, memanjakan fans yang biasa membaca versi komiknya. Tak heran, film ini menelan biaya 65 juta euro, atau lebih dari Rp 1 triliun, dan masuk dalam 10 besar film termahal dalam sinema Perancis. (MAR)