Dubes Heri Harapkan Asosiasi Pengusaha RI di Jepang Jadi Basis Penguat Kerja Sama Kedua Negara

MUS • Thursday, 27 Apr 2023 - 18:20 WIB

Tokyo - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-5 Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ) di kantor BNI Tokyo pada Kamis, 27 April 2023. 

Hadir dalam acara ini Ketua APIJ Tan Ui Sian, Executive Director of Japan Indonesia Association (JAPINDA) Norio Yamazaki, General Manager BNI Tokyo Yudhi Zufrial, General Manager Garuda Indonesia Tokyo Sonny Syahlan, Perwakilan Bank Indonesia dan Pertamina Tokyo serta anggota APIJ. 

Duta Besar RI untuk Jepang Heri Akhmadi dalam sambutan yang dibacakan Koordinator Fungsi Pensosbud Meinarti Fauzie berharap, APIJ mampu menjadi basis penguatan hubungan kerja sama ekonomi Indonesia – Jepang.

“Selamat kepada APIJ yang telah memasuki usia ke–5 tahun ini. Momen ini kiranya dapat semakin memantapkan langkah kita bersama untuk memanfaatkan berbagai peluang kerja sama ekonomi yang ada sebagai bagian dari dukungan dalam mempercepat pemulihan ekonomi nasional. Saya berharap APIJ dapat menjadi basis kuat untuk hubungan dan kerja sama yang lebih erat dan konkret di masa mendatang demi kesuksesan dan kesejahteraan Indonesia dan Jepang,” demikian sambutan dari Dubes Heri. 

“KBRI Tokyo akan selalu siap mendukung berbagai upaya peningkatan pemberdayaan pengusaha Indonesia di Jepang sekaligus berkomitmen untuk memfasilitasi agar lebih banyak lagi pelaku bisnis Indonesia dapat masuk ke pasar Jepang,” tambah Dubes Heri.  

Ketua APIJ Tan Ui Sian mengapresiasi dukungan penuh dari KBRI Tokyo terhadap keberadaan APIJ. “Tujuan kami yang utama adalah mendukung hubungan ekonomi Indonesia Jepang termasuk juga dalam kerja sama sosial budaya. Selain itu juga kami memfasilitasi sinergi sesama anggota. Dukungan KBRI Tokyo kepada APIJ sangat luar biasa. Kami selalu dilibatkan oleh KBRI Tokyo dalam setiap kegiatan. Dengan demikian kami dapat lebih banyak kontribusi dalam penguatan hubungan Indonesia – Jepang,” terangnya. 

Sementara itu Executive Director of JAPINDA Yamazaki menekankan agar APIJ lebih memperluas hubungan kerja sama yang dijalin tidak hanya antar pengusaha tetapi juga dengan Federasi Bisnis Jepang (Keidanren) dan berbagai asosiasi bisnis di Jepang. 

*Penandatanganan MoU Coorporate Branding Garuda Indonesia Tokyo dengan BNI Tokyo*

Di tengah acara peringatan HUT APIJ, dilakukan penandatanganan MoU Coorporate Branding Garuda Indonesia Tokyo dengan BNI Tokyo. Penandatangan kerja sama dua BUMN Indonesia ini dilakukan oleh General Manager Garuda Indonesia di Tokyo Sonny Syahlan dengan General Manager BNI Tokyo Yudhi Zufrial dan disaksikan oleh Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami.

“Saya sangat optimis. Program kerja sama ini merupakan suatu produk yang bisa digunakan dan sangat bermanfaat untuk WNI di Jepang. Selain itu tentunya juga punya andil kita memajukan dua BUMN kita BNI dan Garuda. Jadi kita harus bangga kita menggunakan produk Indonesia yang ujungnya adalah untuk memajukan bangsa dan negara Indonesia,” ujar Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami. 

Kerja sama antara Garuda Indonesia Tokyo dengan BNI Tokyo ini dimaksudkan untuk memberikan kemudahan bagi WNI di Jepang pengguna jasa BNI Remitance Card Service untuk juga mendapat kemudahan fasilitas dari Garuda Indonesia.