Program MBKM, Tingkatkan Lulusan Mahasiswa

AKM • Thursday, 27 Apr 2023 - 15:13 WIB

Kupang - Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mendapatkam perhatian dari pemerintah. Sejumlah manfaat dapat diperoleh dengan berbagai program MBKM  yang diluncurkan Kementrian Pendidikan, Budaya dan Riset Teknologi (Kemensikburistek) seperti Magang bersertifikat, kedai reka hingga kampus mengajar.

Wakil Rektor Universitas Nusa Cendana (Undana) Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. Annytha I. R. Detha, M.S., WR mengatakan lulusan mahasiswa pada 2 periode ini terus mengalami peningkatan.

“ Semua ini diantaranya dipicu dengan adanya program MBKM bagi mahasiwa,” ujar Annytha dalam dialog rangkaian kegiatan Pers Touring, di kampus Undana, kupang NTT, Kamis (27/4).

Menurut Annytha, Program MBKM membuat mahasiswa dapat mengambil mata kuliah disemester berikutnya dan melakukan konversi mata kuliah. Sehingga jika ini berjalan secara berkeanjutan, maka akan banyak terus mahasiswa yang bisa lulu dengan cepat.

“Mereka bahkan dapat melakukan konversi mata pelajaran dalam bentuk SKS dengan kegiatan magang, kedaireka, hingga kampus mengajar,” katanya.

Annytha mengungkapkan dari periode lalu, kebetulam dirinya menanangi kelulusan mahasiswa terjadi peningkatan.

“Pada periode juni 2022 ada sekitar 1400 mahasiswa yang lulus dan Februari 2023 kelulusan mencapai 2000 mahasiswa dari berbagai prodi,” ungkapnya.

Annytha menjelaskan pihaknya juga melakukan kerja sama dan kolaborasi dengan  dunia usaha sebagai mitra dalam pengembangan kualitas sekaligus upaya memyerap mahasiswa yang telah lulus.

“Mereka yang lulus tidak semuanya diserap mitra dunia usaha, tapi sesuai dengan kebutuhan meski sudah ada kerja sama dengan Undana,” tandasnya.