PPP Dukung Ganjar Jadi Bakal Capres 2024, ini Pertimbangannya

MUS • Wednesday, 26 Apr 2023 - 15:50 WIB

Sleman - PPP menetapkan nama Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Hal ini diputuskan dan diumumkan dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) ke-5 PPP Tahun 2023 yang digelar di Sleman, Yogyakarta, sejak Selasa (25/4/2023) hingga Rabu (26/4/2023).

"Beberapa nama tokoh berkembang, setelah melalui musyawarah dan diskusi yang mendalam dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo S.H., M.IP sebagai capres pada Pilpres 2024 yang akan datang. Hal ini disesuaikan dengan keputusan Rapimnas V PPP tahun 2023," kata Plt Ketua Umum PPP Muhammad Mardiono dalam konferensi pers.

Mardiono menjelaskan, keputusan ini didasarkan atas beberapa alasan, antara lain PPP ingin melanjutkan dukungan politik pada Ganjar untuk melanjutkan estafet kepemimpinan pada 2024-2029.

"Dukungan serupa telah diberikan PPP pada Pilkada Jawa Tengah 2018," tuturnya.

Kemudian, Mardiono melanjutkan, Ganjar berasal dari keluarga Nahdlatul Ulama (NU) tentu memiliki visi yang sama dengan PPP. Ganjar juga memiliki elektabilitas teratas. Dan yang menjadi bagian yang tidak dipisahkan dari PPP, mertua Ganjar yakni Ahmad Mushadiq Supriyadi pernah menjabat Ketua DPC PPP tahun 1973.

Selain itu, Mardiono menegaskan, PPP perlu mengupayakan agar kader PPP bisa dicalonkan sebagai calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar.

"Melakukan kokunikasi dan langkah-langkah politik mendukung kader PPP untuk dapat dicalonkan sebaga cawapres mendampIngi bapak Ganjar, saya tekankan ini amanat rapat konstitusi PPP. Keinginan ini bukan harapan yang berlebihan mengingat kader PPP pernah menjabat sebagai wapres mendampingi Ibu Megawati Soekarnoputri," tuturnya.