Momentum HKB 2023, BPBD Jatim Gelar Simulasi Bencana Gempa Bumi

MUS • Wednesday, 26 Apr 2023 - 15:24 WIB

Surabaya - Momentum Hari Kesiapsiagaan Bencana,  BPBD Jatim menggelar peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana ( HKB )2023 dengan simulasi bencana gempabumi yang diikuti segenap karyawan BPBD Jatim. Kegiatan yang dibuat sedemikian rupa menyerupai bencana diarahkan agar seluruh awak BPBD Jatim siaga menghadapi bencana yang sering terjadi di Jawa Timur.

Kalaksa BPBD Jatim Gatot Soebroto, usai kegiatan simulasi menyampaikan, peringatan HKB tahun ini merupakan kegiatan serentak secara nasional yang dilaksanakan atas arahan BNPB.

Dari simulasi ini, pihaknya ingin mengingatkan kepada semua masyarakat, bahwa ancaman bencana bisa terjadi kapan saja.

"Apapun jenis ancamannya, masyarakat harus mengenali. Setelah mengenali, harus disiapkan strategi untuk selamat. Termasuk mengetahui rute atau jalur evakuasi, tempat evakuasi dan cara atau alat apa yang digunakan untuk evakuasi," ujarnya.

Dengan peringatan HKB ini, ia berharap, masyarakat yang ada di daerah rawan bencana, seperti, tsunami, gempabumi maupun longsor bisa mengenali ancamannya dan mengetahui strategi penyelamatannya.

"Khusus tahun ini, yang perlu kita tingkatkan adalah latihan evakuasinya," tegasnya.
 
Kalaksa Gatot Soebroto juga mengungkapkan, tahun ini peringatan HKB Tingkat Nasional rencananya akan digelar di Jatim, tepatnya di Kabupaten Lamongan, pada 10-11 Mei 2023.

Ia berharap, masyarakat yang berada di daerah sepanjang Sungai Bengawan Solo nantinya bisa terlibat dalam proses kegiatan simulasi bencana banjir yang akan digelar pada peringatan HKB tersebut.

"Selamat Hari Kesiapsiagaan Bencana Tahun 2023. Siap untuk selamat," tegasnya memungkasi giat Simulasi HKB 2023. (Her)