Punya Kendaraan Listrik, Ini Tips Perawatannya

AKM • Wednesday, 26 Apr 2023 - 12:55 WIB

Jakarta - Kendaraan listrik menjadi fenomena yang menarik bagi masyarakat. Dengan pengembangan teknologi yang ramah lingkungan dan hemat energi  membuat masyarakat tertarik untuk membelinya. 

Tapi taukah anda, cara yang tepat untuk merawat kemdaraan listrik?  Marketing Manager PT Selis Retail Indonesia Imam Subari  mengatakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk merawat kendaraan listrik.  Seperti tidak membiarkan baterai kosong. Sebab,  baterai merupakan sumber energi untuk dinamo menggerakkan roda. 

"Jangan membiarkan baterai motor listrik kosong, karena akan mengakibatkan kinerja motor akan menurun dan motor akan rentan rusak. Hal ini sama dengan motor konvensional atau bensin yang yang akan mati jika bensin kosong/habis," ujar Imam Subari, kepada Media, Jakarta, Rabu (26/4).

Selain itu, kata dia segera lakukan pengisian daya baterai jika indikator baterai sudah menunjukkan 25% atau menyisakan satu bar. Hal ini juga akan membantu untuk memperpanjang umur pemakaian baterai. Jangan biarkan baterai benar-benar habis agar kamu bisa sampai tujuan dengan nyaman.

"Lakukan pengisian daya secara rutin, meski dalam keadaan mati, motor listrik tetap menggunakan baterai untuk beberapa fungsi, seperti alarm. Oleh karena itu, kamu perlu mengisi daya baterai secara rutin agar baterai pada motor listrik awet dan performanya tetap terjaga," jelas Imam.

Hal ini sama dengan cara  mengisi baterai motor listrik Selis di rumah dengan kapasitas listrik 900 VA karena tidak memerlukan tegangan yang terlalu besar. Namun, jangan lupa langsung cabut baterai ketika daya baterai sudah terisi full/penuh. Dalam buku manual motor listrik Selis, terdapat maksimal durasi pengisian daya baterai yang perlu  diikuti.

Yaitu melakukan pengisian daya minimal seminggu sekali meskk benar-benar tidak menggunakan motor listrik, tetap harus melakukan pengisian baterai setidaknya seminggu sekali.

 "Lakukan beberapa jam saja dan tidak perlu terlalu lama demi menjaga baterai agar tetap awet," ungkap Imam.

Menurut Imam, gunakan baterai dan alat pengisian orisinil. Baterai dan alat pengisian baterai setiap motor listrik datang satu paket. 

"Alat pengisian baterai ini tentunya sudah mengikuti karakteristik baterai yang kamu gunakan. Oleh karena itu, gunakan alat pengisian baterai yang memang dibuat untuk mengisi kapasitas dari baterai yang kamu miliki," jelasnya.

Bantuan Pemerintah

Disisi lain, Sellis merupakan salah satu dari tiga brand yang pertama kali menerima kendaraan listrik yang motor listriknya dapat menerima bantuan pembelian dari pemerintah.

Pemerintah memberikan bantuan bantuan atau subsidi senilai Rp7 juta per motor listrik kepada 200.000 unit motor mulai 20 Maret 2023. 

Salah satu syarat motor listrik yang diberikan bantuan subsidi adalah memiliki kandungan TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) sebesar 40%.

Imam mengatakan tidak hanya motor listrik dan sepeda listrik  Selis juga menghadirkan kendaraan yang dioptimasi sesuai dengan berbagai macam kebutuhan, seperti becak listrik, bajaj listrik, dan juga sepeda listrik yang dilengkapi dengan gerobak. 

"Dengan keberagaman kendaraan listrik dari Selis, semua masyarakat bisa menggunakan Selis untuk berdagang dan berbisnis," pungkasnya.