Arus Balik Via Tol Panjang Jatim, Gubernur Jatim Minta Hati-hati dan Waspada

MUS • Monday, 24 Apr 2023 - 14:00 WIB

 

Surabaya  - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada seluruh pemudik yang akan balik  melakukan perjalanan via tol panjang senantiasa waspada terhadap human error yang dapat berakibat pada potensi laka. Untuk itu, di momen arus balik ini pihaknya mengajak para pemudik untuk memanfaatkan rest area yang tersedia di sepanjang jalan tol di Jawa Timur.

Khofifah menyebut ada 25 rest area di sepanjang tol Jawa Timur yang dapat dimanfaatkan pemudik untuk melepas penat dan beristirahat sejenak menghilang rasa kantuk.

"Untuk yang akan balik melalui jalur darat via tol panjang, kalau dirasa badan sudah lelah, capek atau ngantuk segera menepi untuk istirahat dulu. Manfaatkan rest area yang tersedia," kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Senin (24/4) pagi.

"Banyak sekali alternatif rest area yang bisa digunakan, ada dua puluh lima titik di sepanjang jalan tol di Jawa Timur," tuturnya.

Khofifah juga  menjelaskan, faktor kesehatan dan kondisi tubuh yang prima dari masing-masing pemudik sangat berpengaruh terhadap keselamatan pemudik. Oleh sebab itu ia meminta kepada para pemudik untuk lebih mengutamakan istirahat daripada meneruskan perjalanan jika tubuh sudah mulai capek dan mengantuk.

"Keinginan untuk bertemu sanak saudara dan orang tua tentu besar tetapi keselamatan pemudik juga menjadi hal yang sangat penting, capek dan ngantuk bisa menjadi faktor utama terjadinya kecelakaan," jelasnya.

Khofifah juga telah meminta beberapa OPD dan pihak-pihak terkait untuk tetap siaga di masa cuti bersama lebaran Idul Fitri 1444 H. Termasuk memaksimalkan posko-posko layanan kesehatan dan kesiapsiagaan rumah sakit serta puskesmas di berbagai wilayah. 

“Membahas soal laka lantas, kematian akibat laka lantas ini bisa diminimalisir dengan respon cepat dan koneksitas layanan kesehatan terdekat,"katanya.

Menurutnya hal ini penting sebagai upaya antisipasi dan memberikan _quick response_ atau respon cepat terhadap berbagai kemungkinan terjadinya laka lantas saat arus mudik maupun arus balik lebaran tahun ini. 

"Supaya ketika terjadi sesuatu koneksitasnya bisa dilakukan sesegera mungkin, ambulance cepat datang dan seterusnya,” terang Khofifah.

Khofifah berpesan agar pemudik tidak ragu untuk beristirahat manakala telah merasa lelah atau mengantuk. Karena kondisi tubuh akan sangat mempengaruhi perjalanan mereka menuju kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga.

"Semoga semuanya diberikan kesehatan, keselamatan dan kelancaran dalam perjalanan, hati-hati diperjalanan, semoga selamat sampai tujuan" tutupnya. (Her)