Pastikan Kirab Grebeg Pasa Keraton Solo Berjalan Lancar, Kapolresta Surakarta Turun Langsung Pimpin Pengamanan

MUS • Sunday, 23 Apr 2023 - 17:29 WIB

Solo - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat pagi tadi menggelar kirab dua gunungan dalam acara Kirab grebeg pasa Keraton Kasunanan Surakarta, Minggu (23/04).

Kirab ini merupakan tradisi yang terus dilestarikan dan digelar pada awal Syawal tiap tahun.

Dalam acara kirab tersebut, ada dua gunungan yang dikirab dari Keraton Solo menuju Masjid Agung Solo. Masing-masing adalah gunungan estri (perempuan) dan gunungan jaler (laki-laki). Serta gunungan kecil atau anakan.

Untuk memastikan acara kirab berjalan aman dan lancar, Kapolresta Surakarta turun langsung memimpin pengamanan selama prosesi kirab grebeg pasa hingga selesai.

Yang mana dua gunungan nanti akan diperebutkan oleh warga yang datang dalam acara tersebut setelah didoakan di Masjid Agung.

Untuk gunungan jaler diperebutkan didepan masjid agung, sedangkan gunungan estri akan diperebutkan di depan kamandungan Keraton Surakarta.

Kapolresta Surakarta Kombes. Pol. Iwan Saktiadi, menyampaikan pengamanan kegiatan masyarakat adalah bagian dari tugas dan tanggung jawab anggota Polri dalam memberikan pelayanan, pengayoman dan perlindungan kepada masyarakat, diharapkan sikap humanis tetap dikedepankan, tegas Kapolresta. (APb)