Dubes Heri Shalat Idul Fitri 1444 H dan Silaturahmi dengan Ribuan WNI di Tokyo

MUS • Saturday, 22 Apr 2023 - 17:22 WIB

Tokyo - Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang dan Mikronesia Heri Akhmadi mengikuti Salat Idulfitri 1444 Hijriyah bersama lebih dari 3000 orang diaspora dan Warga Negara Indonesia (WNI) di Masjid Indonesia Tokyo (MIT) yang berada di lingkungan Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) pada Sabtu, 22 April 2022. 

Dubes Heri yang didampingi Ibu Nuning Akhmadi mengatakan Idul Fitri adalah momentum mempererat silaturahmi antar WNI di Jepang.

"Alhamdulillah, ini adalah Salat Idulfitri di Tokyo pasca pandemi dengan peserta lebih dari 3000 orang yang dilakukan dalam lima gelombang salat. Salat Idulfitri ini merupakan acara puncak rangkaian kegiatan Ramadan dan Idulfitri hasil kolaborasi erat KBRI Tokyo dengan Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII) Jepang,” ujar Dubes Heri yang didampingi Wakil Duta Besar John Tjahjanto Boestami. Turut hadir Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya Meinarti Fauzie, Koordinator Fungsi Ekonomi/Ketua Panitia Ramadan dan Idulfitri Sunan Jaya Rustam dan pejabat KBRI Tokyo lainnya, serta Ketua KMII Jepang Muhammad Aziz.

"Penekanan kami bukan hanya salatnya, tetapi juga silaturahmi sesama WNI. Silaturahmi ini penting dilakukan sebagai salah satu penguatan komunikasi kelompok-kelompok diaspora dan WNI yang tersebar di seluruh Jepang," tambahnya.

Imam dan khatib Idul Firi Ustad Fahmi Faqot dalam khotbahnya menjelaskan Idulfitri adalah hari raya penuh syukur setelah berpuasa satu bulan penuh kembali kepada kesucian jiwa.

Sementara itu, Ketua KMII Jepang Aziz Muhammad mengapresiasi kerja sama erat KMII Jepang dengan KBRI Tokyo dalam pelaksanaan kegiatan Ramadan dan Idulfitri 2023. 

*Antusiasme Diaspora dan WNI Silaturahmi dengan Dubes Heri Akhmadi*

Usai mengikuti Salat Idulfitri Dubes Heri berkesempatan bersilaturahmi dengan diaspora dan WNI yang hadir dari berbagai wilayah di Jepang. Antusiasme nampak terlihat saat berjabat tangan dan berfoto bersama dengan Dubes RI untuk Jepang.

Safri, salah seorang WNI yang datang bersama keluarga dari Prefektur Chiba, Jepang mengaku senang dapat berlebaran bersama Dubes Heri dan WNI lainnya yang bermukim di Jepang.

“Hari yang membahagiakan untuk saya dan keluarga bisa salat dan silaturahmi dengan bapak Dubes Heri,” ujarnya. 

Selama Bulan Ramadan 1444 Hijriah, KBRI Tokyo dan KMII Jepang menyelenggarakan rangkaian kegiatan di antaranya Salat Tarawih, pesantren kilat untuk anak-anak, serta tablig akbar. Salat Idulfitri di Tokyo dan sekitarnya juga diselenggarakan oleh diaspora dan WNI di antaranya di Masjid Nusantara di Akihabara, Masjid Al-Ikhlas di Kabukicho.

Sebelumnya pada Jumat, 21 April 2023, sejumlah diaspora dan WNI juga menggelar Salat Idulfitri di berbagai kota di antaranya di Tokyo, Chiba, Osaka, Iruma, Nihara, Fukuyama dan Tokushima.