Pemprov Jatim Fasilitasi Ribuan Masyarakat Mudik Gratis ke Pulau Raas

MUS • Thursday, 20 Apr 2023 - 17:52 WIB

Surabaya - Pemerintah Provinsi Jawa Timur kembali memfasilitasi ribuan masyarakat Jatim untuk mudik gratis ke Pulau Raas Kabupaten Sumenep.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberangkatkan langsung satu Kapal Motor rombongan program mudik gratis dengan tujuan Pulau Raas Sumenep dari Pelabuhan Jangkar Kabupaten Situbondo

Khofifah menyampaikan bahwa Kementerian Perhubungan RI telah memprediksi adanya peningkatan jumlah pemudik dari 18,1 juta jiwa menjadi 21,2 juta jiwa ke Jawa Timur.

“Didalam pergerakan mudik masyarakat tahun ini ada sekitar 52,8% peningkatan dari pergerakan tahun lalu. Tetapi ini juga akan kami hitung dan pastikan kembali. Harapannya tingkat hunian hotel/penginapan bisa meningkat, serta efek dari belanja UMKM masyarakat juga meningkat,” ujarnya.

Secara khusus kepada OPD yang masih bertugas ditengah cuti bersama seperti Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan tetap bisa memberikan layanan terbaik.

“Artinya bahwa ditengah penyiapan dan pelaksanaan mudik balik gratis oleh Pemprov Jatim, saya minta Dishub untuk selalu performanya maksimal,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga menyampaikan bahwa seluruh elemen strategis seperti PLN dan Pertamina untuk terus bersinergi dengan memberikan layanan terbaik yang juga dihubungkan dengan comman center milik Polda Jatim. 

“Koordinasi Jawa Timur dengan elemen strategis alhamdulillah berjalan lancar,” tukasnya

Khofifah juga  mengimbau bagi para pemudik untuk terus mengedepankan keselamatan dirinya. Ia meminta seluruh pemudik untuk memastikan kendaraan aman, dan jika sudah merasa lelah ia mengimbau untuk segera istirahat. 

“Sampaikan salam hormat saya bagi keluarga dirumah, mohon maaf lahir batin dan selamat merayakan Idul Fitri 1444 H bersama keluarga di rumah,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi atas nama masyarakat menyampaikan rasa terima kasihnya atas wilayahnya yang menjadi perhatian dari Gubernur Khofifah.

“Saya sangat bersyukur karena Ibu Gubernur selalu mengalokasikan anggaran bagi mudik balik gratis Jangkar-Raas PP. Saya rasa ini akan membawa manfaat barokah bagi seluruh masyarakat yang bekerja di Situbondo namun bertempat tinggal di Pulau Raas Sumenep,”  pungkas Bupati Karna. (Her)