FILM Guy Ritchie's The Covenant yang Berkelas dan Bermakna Dalam

LAN • Thursday, 20 Apr 2023 - 11:26 WIB

Genre: Action

Sutradara: Guy Ritchie (Sherlock Holmes, King Arthur: Legend of the Sword)

Pemeran: Jake Gyllenhaal, Dar Salim 

Durasi: 2 jam 

Mulai tayang di XXI: 19 April 2023

Guy Ritchie's The Covenant mengangkat pesan kuat yang jarang dibicarakan. Sisi lain peperangan, yang sebenarnya berlaku universal. Tentang balas budi dan penghormatan pada perjanjian, akad, komitmen (covenant).

Kita diajak mengikuti pengalaman Sersan Angkatan Darat AS John Kinley (Jake Gyllenhaal) dan penerjemahnya, Ahmed (Dar Salim), atau tepatnya penyelamatnya dalam Perang Afghanistan.  

Di sana, ribuan penduduk lokal direkrut menjadi interpreter dengan imbalan uang dan perjanjian mendapatkan visa AS. Ahmed adalah salah satunya.

Dia disewa Sersan John, pemimpin unit pencari bahan peledak yang dikelola Taliban. Ahmed menggantikan interpreter sebelumnya yang tewas  bersama anak buah Sersan John.

Sersan John mulai frustasi karena misi operasinya sering tak membuahkan hasil karena informasi intelijen yang tak mumpuni. 

Namun dengan Ahmed, Sersan John melihat potensi kesungguhannya dalam memberikan layanan interpertasi, tak sekadar penerjemahan Bahasa Afghanistan ke Bahasa Inggris. 

Dalam misi penggerebekan ke tempat pembuat bom Taliban, Sersan John gagal dan kehilangan semua personilnya. Tersisa Ahmed, yang mengikutinya. 

Sersan John dan Ahmed harus kembali ke Pangkalan Udara AS yang jaraknya sangat jauh. Dengan tetap dikejar-kejar Taliban, mereka harus bertahan dan tetap berlari di tengah medan yang berat.

Sayangnya, keberadaan mereka terdeteksi, meski Ahmed masih mampu melumpuhkan musuhnya. Sersan John terluka parah, sehingga Ahmed perlu menolongnya. 

Dengan sekuat tenaga dan alat seadanya, Ahmed berupaya membawa Sersan John yang sudah sekarat, dalam gerobak kayu. Persis dengan cerita the Good Samaritan.

Naik turun perbukitan yang panas, berpasir, dalam kejaran Taliban, Ahmed berhasil membawa Sersan John kembali ke markas. Begitu besar pengorbanan diberikan Ahmed demi Sersan John.

Ketika dia mengetahui, Ahmed dan keluarganya tidak diberi jalan aman ke AS seperti yang dijanjikan, Sersan John merasa harus membayar utangnya. 

Dia pun kembali ke zona perang untuk menjemput Ahmed sebelum Taliban memburu mereka terlebih dahulu. Kali ini situasinya sangat berbeda, Sersan John maupun Ahmed telah menjadi buronan kelas kakap yang dikenal luas di kalangan Taliban. 

Mampukah utang Sersan John terbayar lunas? Bisakah perjanjian terhadap Ahmed tetap dipatuhi? 

Guy Ritchie's The Covenant menjawabnya melalui adegan seru dan menegangkan yang asyik diikuti sampai akhir. Kesan berkelas pun tergambar kuatkhas sineas terpandang Guy Ritchie.