Satgas Layanan JPH Jateng dan LP3H Gelar Rakor Percepatan Sertifikasi Halal

MUS • Wednesday, 19 Apr 2023 - 16:18 WIB

Semarang - Dalam rangka memperkuat koordinasi dalam pelaksanaan sertifikasi halal, Satuan Tugas (Satgas) Layanan Jaminan Produk Halal (JPH) Provinsi Jawa Tengah menggelar rapat koordinasi bersama Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H). 

Rakor tersebut bertujuan untuk melakukan koordinasi percepatan sertifikasi halal di Jateng. Di antaranya, rakor membahas penguatan sinergi pelaksanaan tugas Satgas Layanan JPH dan LP3H, serta penyamaan persepsi terkait dengan regulasi, jenis produk yang masuk kriteria pengajuan sertifikasi halal dengan mekanisme pernyataan pelaku usaha atau self declare.

"Rakor ini penting untuk dilaksanakan mengingat koordinasi yang baik, efektif dan produktif dibutuhkan oleh seluruh aktor layanan untuk dapat melaksanakan layanan sertifikasi dengan baik bagi pelaku usaha di wilayahnya." ungkap Kepala BPJPH Muhammad Aqil Irham di Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Terwujudnya koordinasi layanan sertifikasi halal yang efektif bagi pelaku usaha, lanjut Aqil, dipastikan akan sangat membantu kelancaran proses bisnis layanan sertifikasi halal di semua level. Hal itu penting untuk mewujudkan kemudahan bagi pelaku usaha khususnya pelaku UMK dalam melaksanakan proses sertifikasi halal.

"Koordinasi yang efektif akan mewujudkan optimalnya peran semua aktor layanan sehingga proses layanan sertifikasi halal berjalan dengan optimal. Dan ini penting bagi upaya percepatan sertifikasi halal kita." lanjut Aqil menjelaskan.

Untuk itu, Aqil berharap agar upaya tersebut juga diikuti oleh para Satgas Layanan JPH dan LP3H yang berada di provinsi lain. 

"Rakor ini strategis, sehingga ini perlu dicontoh oleh para Satgas Layanan JPH dan LP3H di provinsi yang lain." tandasnya.

Rakor Satgas Halal dan LP3H se-Jawa Tengah digelar di Ciputra Semarang pada tanggal 17 sampai dengan 18 April 2023. Rakor diikuti
oleh para Anggota Satgas Halal dan perwakilan dari 26 LP3H se-Jawa Tengah dan  Satgas Layanan JPH. Acara dibuka oleh Ketua Satgas Layanan JPH Jawa Tengah Wahid Arbani, dihadiri anggota Komite Fatwa Produk Halal Malikha.

Rakor juga diisi dengan paparan materi terkait digitalisasi layanan sertifikat halal yang disampaikan oleh Ketua Tim Sistem Informasi  BPJPH Nurhanudin, serta paparan materi sertifikasi halal oleh Anggota Satgas Halal Jateng Arianti.