Lebaran, Pj Wali Kota Batu Sulap Rumah Dinas Jadi Posko Sambut Wisatawan

MUS • Wednesday, 19 Apr 2023 - 13:15 WIB

Surabaya - Rumah dinas Wali Kota Batu menjadi posko khusus untuk menyambut wisatawan selama masa libur Lebaran dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai, Selasa, mengatakan bahwa pemkot setempat melalui 12 organisasi perangkat daerah (OPD) akan membuka posko khusus pada 19-25 April 2023.

"Karena Kota Batu kota wisata dan pasti ada kunjungan wisata selama libur Lebaran ini, maka dipantau langsung," katanya.

Ke-12 OPD tersebut yaitu Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas PUPR, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo, Dinas Lingkungan Hidup, Bapenda, Satpol PP, Bakesbangpol dan BPBD.

Posko khusus tersebut akan diketuai oleh salah seorang Kepala OPD secara bergantian dan bersiaga memberikan pelayanan kepada wisatawan, seperti kesehatan, prasarana jalan, prasarana wisata hingga antisipasi bencana.

Aries menjelaskan Kota Batu diperkirakan dikunjungi 500 ribu hingga 600 ribu wisatawan pada masa libur Lebaran 2023.

Dengan jumlah kunjungan wisatawan yang cukup tinggi tersebut, Pemerintah Kota Batu berupaya memberikan rasa nyaman dan keamanan.

Menurutnya, dengan dibukanya posko khusus di Rumah Dinas Wali Kota maka mudah dilakukan pemantauan langsung aktivitas wisata selama libur perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota Batu ingin menjadi tuan rumah yang baik bagi para wisatawan yang akan berkunjung.

Sebagai informasi, Kota Batu merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Jawa Timur yang menjadi favorit para wisatawan saat musim libur panjang.

Pada 2023, Pemerintah Kota Batu menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mencapai 10 juta kunjungan.

Pada arus mudik libur Lebaran 2023, diperkirakan ada 123,8 juta orang yang melakukan mudik ke berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Jawa Timur dan Malang Raya yang merupakan gabungan antara Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang. (Her)