Mudik lebaran, Malaysia Gratiskan Tol Selama 4 Hari

MUS • Wednesday, 19 Apr 2023 - 12:44 WIB

Pemerintah Malaysia membebaskan para pengguna jalan tol dari biaya alias gratis bagi pemudik mulai dari tanggal 19 hingga 22 April serta 24 April. Hal ini diumumkan langsung oleh Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. 

“Pemerintah telah menyepakati untuk menggelar (program) Tol Rahmah Gratis yaitu pembebasan biaya tol selama empat hari yang dapat dinikmati oleh seluruh pengguna jalan raya yang akan mudik pada hari raya Idulfitri,” ujarnya dalam jumpa pers di siaran langsung televisi pada Selasa. 

“Tol Rahmah dimulai 19 April 2023 (Rabu) hingga 21 April 2023 (Jumat) serta 24 April 2023 (Senin). Tol Rahmah akan melibatkan 33 jalan tol,” jelasnya seperti dikutip dari MalayMail, Rabu (19/4/2023).

Tidak hanya itu, pemerintah Negeri Jiran itu juga akan memberikan diskon khusus untuk tilang, sebuah langkah yang kemungkinan ditujukan untuk mendorong pelaku pelanggaran untuk membayar denda lalu lintas.

Namun, kata Anwar, diskon tersebut hanya akan berlaku untuk denda lalu lintas yang diterbitkan pada tahun 2022. Setiap denda akan dikurangi menjadi hanya 50 ringgit Malaysia atau sekitar Rp167 ribu. 

Anwar berpendapat, pemberian diskon khusus Idulfitri tahun ini untuk denda lalu lintas tidak dimaksudkan untuk memberikan kelonggaran bagi pelanggar. 

"Polisi Malaysia tetap berkomitmen untuk memastikan keselamatan jalan yang optimal terutama selama masa-masa perayaan ini," kata Perdana Menteri Malaysia itu. 

"Untuk mengamankan arus lalu lintas di jalan, polisi akan mengadakan Op Lancar (Operasi Arus) pada 18 April dan 19 April dengan fokus pada jalur-jalur utama yang digunakan untuk Hari Raya," imbuhnya.

Jutaan umat Muslim Malaysia diperkirakan akan melakukan perjalanan rutin tahunan kembali ke kampung halaman mereka untuk merayakan Hari Raya Idulfitri, sebuah perayaan agama dan budaya terbesar di negara itu.

Kondisi ini biasanya akan menimbulkan kemacetan lalu lintas yang terkadang dapat mencapai ratusan kilometer selama beberapa hari selama perayaan. 

Malaysia adalah salah satu negara yang paling banyak menggunakan kendaraan bermotor di kawasan Asia Tenggara, dengan rata-rata 1,4 mobil per rumah tangga menurut data tahun 2020 dari Malaysian Automotive Association (MAA). 

Kematian di jalan biasanya meningkat selama periode ini meskipun angkanya sedikit menurun selama bertahun-tahun. 

Selama periode perayaan Idulfitri 2021, terjadi 1.432 kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan 163 korban jiwa secara nasional, menurun tajam dari tahun 2019 yang mencatat 10.652 kecelakaan dan 223 korban jiwa selama Idulfitri.