Penumpukan Antrian Panjang di Pelabuhan Ciwandan, Ini Dia Penyebabnya

LAN • Tuesday, 18 Apr 2023 - 14:30 WIB

Jakarta - Berdasarkan prediksi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), per tanggal 19-21 April 2023 dikatakan akan mencapai puncak arus lalu lintas mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 1444 H. 

“Pantauan arus mudik sedang kami lakukan secara intensif untuk setiap harinya. Saat ini pun sudah ada posko di Kantor Kemenhub Jakarta yang semuanya telah terintegrasi dengan berbagai titik transportasi, seperti terminal, pelabuhan, bandara, dan juga stasiun,” ujar Adita Irawati selaku Juru Bicara Kemenhub dalam wawancara Trijaya FM, Selasa, (18/04/2023).

Berdasarkan pantauan Kemenhub, terdapat salah satunya penumpukan antrian panjang pada truk angkutan dan sepeda motor di Pelabuhan Ciwandan. Hal itu terjadi karena pelabuhan tersebut baru pertama kali digunakan untuk mudik.

“Jadi memang ada penumpukan antrian panjang di Pelabuhan Ciwandan, karena pelabuhan itu sebetulnya baru pertama kali digunakan. Tapi alhamdulillahnya, mulai kemarin penumpukan itu sudah terurai dan pengaturannya juga sudah lebih baik,” tegas Adita Irawati.

Per tanggal 17 April kemarin, kendaraan pribadi (mobil) alami peningkatan yang cukup drastis hingga 50% dibandingkan hari normal. Sementara untuk kendaraan pribadi (motor) juga alami peningkatan hingga 40%. Peningkatan ini juga disusul oleh transportasi umum yang mencapai hingga 30-50% dibandingkan hari normal.

“Memang semua ini kan sudah dimulai dan kita sudah ada di dalamnya, jadi ya kita gak bisa balik lagi,” tutupnya.(Savira)