Grup Modalku Salurkan Pendanaan Sebesar USD 3 Miliar Dukung Kebutuhan UMKM Asia Tenggara

LAN • Tuesday, 18 Apr 2023 - 14:28 WIB

Grup Modalku, salah satu platform pendanaan digital untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Asia Tenggara, telah menyalurkan pendanaan sebesar lebih dari USD 3 Miliar atau sekitar Rp 45 triliun (kurs 1 USD = Rp 15.037) kepada lebih dari 5,1 juta transaksi pendanaan UMKM di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand dan Vietnam. 

Konsistensi Grup Modalku dalam mendukung UMKM melalui fasilitas pendanaan jangka pendek yang ditawarkan dengan tetap menjaga tingkat default grup di bawah 2%, telah memberikan akses pendanaan untuk lebih dari 100.000 UMKM di lima negara.

Selain pendanaan, Grup Modalku juga mulai menawarkan solusi, seperti payments atau pembayaran dan collect payment yang dapat digunakan UMKM untuk menerima pembayaran dari pelanggan mereka, sebagai bentuk komitmen dalam memberdayakan UMKM.

Sejak menjalankan bisnis pembayarannya, Grup Modalku mencatat pertumbuhan pada nilai transaksi bruto (GTV) dari tahun ke tahun sebesar tiga kali lipat pada produk Elevate di Singapura dan Malaysia serta melalui integrasinya pada CardUp sebagai solusi layanan pembayaran di tahun 2022.

“Tahun 2022 merupakan tahun yang penting bagi Grup Modalku di tengah kondisi makro yang tidak menentu. Dalam komitmen untuk memberdayakan UMKM di Asia Tenggara, kami telah meraih pendanaan Seri C+, meningkatkan penyaluran pendanaan di Thailand dan Vietnam, memperdalam proposisi pendanaan lokal, menerima fasilitas kredit pertama kami dari bank global komersil, HSBC, senilai USD 50 Juta (sekitar Rp 737 Miliar), memasuki industri pembayaran bersama CardUp, dan melakukan co-investment dengan Bank Index, karena kebutuhan UMKM terus berkembang selain pendanaan.” kata Reynold Wijaya, Co-Founder & CEO Modalku.

Meskipun banyak menghadapi tantangan makro, Reynold mengatakan Grup Modalku tetap optimis untuk terus tumbuh secara berkelanjutan seperti saat menghadapi pandemi Covid-19, yaitu berinovasi dan menjawab tantangan yang dialami para UMKM secara optimal dengan meningkatkan akses pendanaan, pembayaran serta layanan keuangan lainnya

Saat ini, Grup Modalku sedang mengembangkan platform keuangan digital terpadu bagi UMKM bersama CardUp yang merupakan salah satu tonggak penting bagi Grup Modalku sebagai solusi layanan pembayaran (payments).

Akuisisi ini juga mendatangkan talenta terbaik di bidang pembayaran (payments) di Grup Modalku, termasuk di Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam, beserta dengan tim operasional di Hongkong dan India.

UMKM dapat menikmati akses kredit lebih cepat dengan proses persetujuan pengajuan hanya membutuhkan waktu satu hari kerja dengan adanya Elevate yang diperkenalkan oleh Grup modalku sebagai solusi pengeluaran bisnis dengan fasilitas kredit tersebut.

Sejak meluncurkan Elevate di Singapura, Grup Modalku telah melayani hampir 2.000 UMKM yang bergerak di sektor perdagangan besar dan eceran, informasi dan komunikasi, layanan profesional, ilmiah dan teknis, konstruksi, serta manufaktur, dalam menjadikan Elevate sebagai kartu korporat pertama mereka.

Saat ini Grup Modalku juga sedang menjajaki potensi untuk memperkenalkan produk Elevate di negara lain yang tentunya akan sangat menguntungkan bagi para UMKM yang menghadapi tantangan dalam mengakses kredit untuk membayar pengeluaran bisnis mereka. 

Dengan menggabungkan Elevate maupun kartu lain yang dimiliki UMKM dengan CardUp, UMKM dapat menggunakan kartu mereka di tempat yang tidak menerima kartu dan memfasilitasi menerima pembayaran (collect payment) dari pelanggan mereka.

Rencananya, solusi pembayaran CardUp akan diperkenalkan secara bertahap di seluruh pasar lain yang dioperasikan oleh Grup Modalku dalam kurun waktu dua tahun mendatang. (Iftikhor)