Amankan Arus Mudik dan Balik Lebaran, Kakorlantas Polri Lepas Tim Pamatwil dan Mobile Command Centre

FAZ • Monday, 17 Apr 2023 - 15:40 WIB

Jakarta - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melepas tim Perwira pengamat wilayah (Pamatwil) operasi ketupat 2023 Korlantas Polri untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran 2023, di Gedung NTMC Polri, Senin (17/4).

Dalam arahannya, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi melepas Tim Pamatwil yang nantinya akan ditugaskan mulai dari Palembang hingga Jawa Timur untuk memperkuat jajaran kewilayahan.

"Hari ini kita melepas staf Korlantas begitu juga rekan selaku Tim Pamatwil yang nanti penugasannya tersebar dari mulai Palembang sampai Jawa Timur, untuk memperkuat jajaran kewilayahan dalam memastikan terutama titik-titik krusial itu bisa terinformasikan dan bisa di komunikasikan langsung dari lapangan ke posko kita di Command Center Korlantas," ujar Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Setiap tahun Korlantas Polri rutin melepas tim Pamatwil untuk mamastikan tantangan di tahun ini, kesiapan-kesiapan yang sudah dilatih dan direncanakan, dipastikan berjalan sesuai rencana.

"Tentunya mereka (tim Pamatwil) harus bisa melaksanakan tugas dengan baik, SOP sesuai arahan-arahan, dan keberadaan petugas harus maksimal, dapat bermanfaat baik untuk satuan wilayah yang didatangi, serta berguna bagi masyarakat," tambah Irjen Pol Firman Shantyabudi.

Dengan adanya petugas Kepolisian di lapangan diharapkan dapat memberikan satu langkah solutif untuk mengamankan arus mudik dan balik lebaran.

Selain menurunkan tim Pamatwil, Korlantas Polri juga menurunkan Mobile Command Centre (Mobil Komando) dengan teknologi canggih untuk memantau arus lalu lintas selama arus mudik dan balik, serta dapat melakukan Video Conference (Vicon) lngsung untuk mendapatkan informasi di lapangan.

"Ada tambahan satu lagi (mobil komando), semoga ini bisa kita gunakan, karena dengan teknologi yang cukup canggih yang ada di dalam, bisa melakukan Vicon, sehingga dapat melaporkan kepada satuan-satuan di wilayah, dan informasi-informasi yang tersampaikan bisa langsung dicari solusi-solusi yang dibutuhkan," tegas Kakorlantas Polri.

Bagi masyarakat yang nantinya melakukan perjalanan mudik, Korlantas Polri mengimbau untuk mengecek kendaraan yang digunakan, menjaga kesehatan, pastikan kartu E-tol berfungsi, serta diminta untuk tidak berhenti di ruas-ruas pinggir jalan tol, dan yang paling utama memantau perkembangan melalui media yang ada, agar mengetahui cara bertindak (CB) petugas Kepolisian saat adanya penerapan One Way, Contraflow dan sebagainya.

Hadir dalam pelepasan tim Pamatwil, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Ery Nursatari, Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, dan PJU Korlantas Polri.