BAZNAS Resmikan Program Bedah Mushola di Teluknaga Banten

ANP • Monday, 17 Apr 2023 - 03:54 WIB

TANGERANG - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI meresmikan program bedah Mushola di Joglo Pondok Pesantren Mujtama Madani, Kampung Tengah, Desa Lemo, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Banten, Sabtu (15/4/2023). 

Hadir dalam kegiatan tersebut Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Nasional KH. Achmad Sudrajat, Deputi II BAZNAS RI HM Imdadun Rahmat, Asisten Daerah (Asda) Administrasi Umum mewakili Bupati Tangerang, Yani Sutisna dan Ketua MUI sekaligus MWC NU Teluknaga, Mahrusillah Zarkasyi. 

Kegiatan peresmian ini sekaligus menandai selesainya pelaksanaan program bedah mushola BAZNAS yang dilakukan di 35 mushola terpilih yang tersebar di Jabodetabek dan luar Jabodetabek di Pulau Jawa. Mushola yang direnovasi dalam program ini merupakan mushola yang memiliki kerusakan dalam sarana prasarana sehingga dapat mengurangi kenyamanan beribadah para jamaah. 

Adapun Mushola yang mendapatkan bantuan program di Kecamatan Teluknaga adalah Mushola Al-Barokah yang terletak di Kampung Tengah, Desa Lemo, Teluknaga. Mushola Al-Barokah telah berdiri sejak tahun 1980 dan saat ini telah selesai direnovasi menjadi lebih layak, nyaman dan luas untuk digunakan beribadah oleh masyarakat setempat. 

Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Nasional KH. Achmad Sudrajat, mengatakan program ini adalah salah satu dari delapan program unggulan BAZNAS sebagai lembaga resmi pemerintah yang mengelola zakat, infaq dan sedekah dan membantu program pemerintah dalam percepatan pengentasan kemiskinan ekstrem. 

“Kami punya delapan program nasional, selain bedah mushola ini yang memang ada permintaan dari mustahik perusahaan berupa zakat muqoyyad ingin membantu masyarakat tapi harus membedah mushola," ujar Achmad Sudrajat dalam sambutannya.

Achmad Sudrajat menambahkan, program-program BAZNAS yang telah berjalan saat ini tidak hanya terfokus di bidang keagamaan dan dakwah, namun juga membantu mustahik dalam bidang pendidikan dan ekonomi.

"Kami juga ada bantuan modal UMKM santipreuner untuk para santri lulusan pondok pesantren yang ingin membuka usaha dan Beasiswa pendidikan untuk pelajar kurang mampu dari tingkat Sekolah Dasar hingga S3," tuturnya.

Sementara itu, Deputi II BAZNAS RI, HM Imdadun Rahmat mengatakan mushola-mushola yang mendapatkan bantuan program Bedah Mushola ini merupakan mushola yang terpilih melalui penilaian tim BAZNAS RI. 

“Alhamdulillah peresmian bedah Mushola Al-Barokah ini mewakili tiga puluh lima mushola yang sama-sama dibedah oleh BAZNAS di bulan Ramadan," ujarnya 

“Semoga program bedah mushola untuk mushola Al-Barokah ini membawa manfaat dan maslahat yang baik dan besar bagi masyarakat terutama masyarakat Teluknaga bagian timur,” ujar Imdadun Rahmat.