Kementerian PUPR Cek Kondisi Jalan Arus Mudik Sambil Berbagi Takjil di Rest Area KM 57

FAZ • Sunday, 16 Apr 2023 - 05:24 WIB

Karawang - Kementerian PUPR menggelar kegiatan berbagi takjil sekaligus memantau kesiapan dan kondisi jalan pada Sabtu (15/4/2023).

Kegiatan tersebut bertajuk Mudik Aman Berkesan bersama Kementerian PUPR di Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek dengan berbagi takjil kepada para pemudik ataupun pengguna rest area yang sedang beristirahat dan ingin berbuka puasa.

Kegiatan ini disambut antusias para pengunjung yang kebetulan ingin berbuka puasa. Deni salah seorang pemudik tujuan Jawa Timur, merasa senang dengan pembagian takjil dari Kementerian PUPR.

"Alhamdulillah makasih Kementerian PUPR. Di sini saya mampir untuk shalat eh ada bagi-bagi takjil gratis, terima kasih Kementerian PUPR," kata Deni.

Di sela-sela pembagian takjil, Tim Media Sosial Kementerian PUPR juga melakukan pemantauan langsung situasi dan kondisi di tiga lokasi melalui Instagram live bersama Anisa Dasuki dan kontributor Kementerian PUPR.

Dalam pemantauan mudik H-7 menjelang hari raya di tiga lokasi yaitu di Jawa Tengah,  Lampung dan Lintas Sumatra, secara umum aktivitas mudik masih normal. Belum terjadi kepadatan signifikan sehingga arus lalu lintas terpantau lancar.

Seperti di Tol Trans Sumatra, Lampung arus lalu lintas terpantau lancar sementara kondisi fasilitas pendukung jalan dalam kondisi baik. Sementara di Tol Sragen, Jawa Tengah, kondisi infastruktur jalan dilaporkan dalam kondisi bagus dengan arus lalu lintas normal.

Kondisi lalu lintas di Gerbang Tol Sragen, Jawa Tengah, melalui Instagram live Kementerian PUPR, juga terpantau lancar, belum terjadi kepadatan arus mudik. Pemudik yang datang pun masih dari pemudik lokal.

Pemerintah Sragen menyediakan 4 pos pelayanan mudik di rest area, yaitu di rest area 519 A dan A serta di rest area 538 A dan B. Fasilitas di rest area tersebut sudah memadai untuk parkir dan tersedia pelayanan kesehatan gratis.

Hal yang sama juga disiapkan oleh Pemprov Bandar Lampung yang sudah menyediakan 83 posko pendukung jalur mudik. 60 di antaranya adalah posko keamanan dan posko pelayanan yang tersebar di empat jalur mudik termasuk di Jalan Trans Sumatra.

Tim Kementerian PUPR juga menghimbau untuk kelancaran perjalanan, pemudik bisa cek website Binamarga.pu.go.id/mudik karena  banyak informasi tentang mudik yang dibagikan oleh Kementerian PUPR, seperti peta mudik, CCTV tol , CCTV non tol, tarif dan navigasi tol hingga perkiraan cuaca BMKG.

Selain itu, dapat mendownload aplikasi ArcGIS Survey 123 di Google PlayStore untuk mendapatkan informasi lengkap, seperti peta mudik, titik rawan longsor, letak pasar tumpah, kemacetan, hingga banjir.