BPKH Safari Haji di Sejumlah Kota, Tebar Manfaat Program Kemaslahatan

FAZ • Saturday, 15 Apr 2023 - 00:44 WIB

Jakarta - Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menggelar Safari Haji di sejumlah kota di Sumatera Barat. Kegiatan ini bertujuan untuk menebar manfaat dari program kemaslahatan yang baru diluncurkan di bulan yang penuh rahmat ini.

Safari Haji dilakukan di antaranya di Kota Batusangkar, Bukittinggi, dan Padang. Kegiatan ini bekerja sama dengan Lazismu sebagai mitra BPKH dalam program kemaslahatan. Diawali dengan serah terima bantuan dua unit ambulance untuk Pos Kesehatan Nagari–Nagari Aur Duri Surantih, Pesisir Selatan dan Pos Kesehatan Nagari–Nagari Tanjung Bonai Aur, Sijunjung.

Anggota Badan Pelaksana BPKH Harry Alexander, menjelaskan, pihaknya mengelola Dana Abadi Umat (DAU) yang merupakan dana efisiensi penyelenggaraan ibadah haji di masa lampau, bukan dana setoran haji dari jemaah. DAU diinvestasikan dengan tidak mengurangi angka pokok dan nilai manfaatnya disalurkan kepada penerima manfaat yang membutuhkan.

"Semoga kehadiran program kemaslahatan ini dapat menjadi manfaat untuk memberikan kemudahan bagi umat,” ujar Hary dalam keterangannya, Jumat (14/4/2023).

Selanjutnya, gelaran kedua dilakukan di Nagari III Koto, Tanah Datar, dengan penerima manfaat Pondok Al– Qur’an Yayasan Serumpun Jaya Sakato dengan pemberian 80 bingkisan sembako, alat salat, dan musaf Al-Qur’an.

BPKH bersama Lazismu melakukan kegiatan ini sesuai dengan asnaf program kemaslahatan, yaitu sosial keagamaan. Wali Nagari III Koto berterima kasih menerima program ini dengan baik. Ia berharap kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut untuk tahun selanjutnya.

“Selama tahun 2023, BPKH telah memberikan bantuan program kemaslahatan di Sumatera Barat mencapai Rp2,7 miliar, didistribusikan sesuai dengan 6 asnaf atau ruang lingkup program kemaslahatan. Seperti pembangunan sekolah dan pusat layanan, pengadaan mobil layanan haji, dan mobil layanan sosial,” kata Harry.

Diketahui, pada 11 April 2023 lalu BPKH meluncurkan program kemaslahatan bertepatan dengan Ramadan hari ke-20. BPKH bersama 11 mitra kemaslahatan memberikan bantuan yang terdiri dari 50.000 Mushaf Al-Qu'ran, 17.000 kado Ramadan, 41.000 bingkisan Ramadan, 1.100 Al-Qur'an Braille, 1.000 Mushaf Al-Quran Imam, dan 1.000 Dudukan Mushaf Al-Qur'an Imam.